Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

Ditolak Klub Kyudo Kampus

Olah raga panahan selalu menjadi impian saya, maka sejak datang ke Hirodai saya berusaha mencari keberadaan klub ini.

Bersama Wisnu Adi sensei saya berkeliling menggunakan sepeda jengki. Dan akhirnya ketemulah markas mereka. Pantas saja sulit ditemukan, mereka “bersembunyi” di balik gedung IDEC.

Klub itu sepi, hanya nampak dua orang berlatih. Nampaknya merekapun bukan senior, karena hanya menata alat. Setahu saya di Jepang ada sistem senioritas senpai-kohai. Atau kasarnya “kasta”.

Benar saja, ketika kami memberanikan diri masuk dan mengutarakan niat untuk mendaftar, mereka berdua saling memandang, seperti bingung. Lalu menyampaikan bahwa akan menyampaikan hal ini ke senior mereka sembari mencatat email kami. Oya, catatan, di Jepang mereka jarang sekali mau bertukar nomor HP. Ini dianggap privasi.

Berlalulah sebulan, dua bulan, tiga… Sampai kami menyimpulkan bahwa mereka tidak berminat menghubungi kami.

Sampai pada bulan Maret terdapat orientasi mahasiswa baru. Ada sebuah stand pendaftaran klub panahan Kyudo! Saya pun memberanikan diri mendaftar.

Sungguh tak dinyana, panitianya langsung menolak saya. Alasannya adalah saya bukan orang Jepang! Duh, sakit hati banget. Ya sudah… Dendam ini saya bawa ke Indonesia.

(Saya ingat, ada teman yang boleh ikut klub Judo di kampus)

 Eit, bukan dendam kesumat lho. Di Indonesia saya lampiaskan membuat klub panahan sendiri. Namanya archery indonesia. Dengan sisa uang beasiswa saya mengumpulkan bahan dan mencoba membuat busur sendiri. Mau lihat? Yuk datang di Kampoeng Batja Jember. Sebuah taman bacaan di tengah kota.

Kelak ada kesempatan ke Jepang lagi, saya akan bawa busur itu dan kita tandingkan!

About #Jemparing Gilig!

Pernah menjadi guru di Al-Furqan Jember, di tingkat SD, SMP, dan SMK. Pernah menempuh pelatihan Manajemen Sekolah di Hyogo University of Teachers Education di Jepang pada tahun 2008-2010. Menjabat kepala SMK Al-Furqan Jember pada tahun 2011-2013. Menempuh pelatihan TEFL di Hiroshima University. Kini menekuni olahraga sunnah panahan.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on June 8, 2015 by in Pokoknya Cerita! and tagged , , , , , , .
TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

