Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

Gimana Sakuranya ?

Artikel oleh : Mohamad Ashari, TT 2012

Hai teman – teman…
Kita mungkin ngga pernah bertemu langsung, kalaupun berselisih jalan saya yakin 99.9% kita ngga akan saling mengenal. Tapi insyaallah saya yakin bahwa kita punya perasaan yang senada, pernah bangga jadi Bangsa Indonesia di Jepang, pernah bingung masuk toko karena tulisannya kanji semua, dan pengalaman unik lainnya yang pastinya ngga sama, tapi senada.

Gimana sakuranya ?
Yuki ga doudesuka ?

Saya menulis artikel ini antara sebenarnya lagi sama Jepang, terutama tottori dan Matsue tempat saya menjalani TT. Asli kangen dengan budaya dan tempat – tempatnya. Sampai  saat ini masih tergambar dengan jelas rute sepeda dari asrama, melewati kampus Shimane Daigaku, belok kiri menuju OHashi Bridge, berenti sebentar diatas jembatan lihat sungai besar yang jernih lengkap dengan ikan, bebek, elang, juga bangaunya, belok kiri lagi sampai di supermarket buat belanja mingguan.

Kangen sama kecepatan internet LTE yang super cepat walau di Indonesia udah mulai teknologi LTE diadaptasi, kangen sama waktu luang yang begitu berlimpah sepanjang program, termasuk kangen beasiswa🙂.

Kangen juga sama kesempatan berteman dengan orang dari berbagai macam penjuru dunia dengan segala ragam bentuk, rupa, dan perilakunya.

Ah intinya mah kangen..

Termasuk kangen sama komunitas TT-ers. Akang dan teteh, Bapak dan Ibu.. saya tidak berani mengatasnamakan para ‘senpai tachi’ yang sudah kembali ke Indonesia karena saya sangat paham kita semua punya ide dan idealisme yang beragam. Oleh karena itu, sebagai seorang alumni TT saya berharap Akang dan Teteh bisa memaksimalkan blog ini untuk menceritakan sebanyak mungkin hal yang dialami pra – selama-dan pasca TT sehingga blog ini dapat terus hidup dan memberikan inspirasi bagi para guru Indonesia yang kita wakili.

Pastikan tiap angkatan TT memiliki akses untuk berkontribusi di blog bersama ini. Idealnya semua peserta TT memiliki akses. Satu orang di setiap angkatan yang sedang berada dalam program TT akan diminta menjadi admin situs ini.

Mari kita pastikan estafet penulisan dari satu angkatan TT ke angkatan TT berikutnya berlangsung dengan baik dan sinambung. Suatu saat yang berbahagia, kita akan dapat kembali ke situs ini untuk menghidupkan kembali semangat menginspirasi Indonesia.

TT-ers dan perlu akses ke situs ini ?
Gunakan formulir berikut.

2 comments on “Gimana Sakuranya ?

  1. Rhu Lee
    April 13, 2015

    kang, mau tips biar lolos donk…
    menulis apa saja untuk essai “tujuan belajar di jepang”
    domo arigatou!

    • Kang Ash
      April 22, 2015

      Ah cuma diminta tulis beberapa paragraf aja, intinya kita harus jelas disana mau ngapain, belajar apa aja. Alasannya perlu ada korelasinya dengan nanti pas sudah kembali bagaimana mengalikasikannya

      Bikin yang original dan jangan copas ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 11, 2015 by in Pokoknya Cerita!.
TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

%d bloggers like this: