Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

Pengalaman Seleksi Beasiswa Teacher Training Monbukagakusho 2014

Teacher trainee edit 2Setiap tahun, Pemerintah Jepang membuka kesempatan bagi guru (negeri maupun swasta) yang ingin memperdalam ilmu serta pengalamannya, ke negeri Sakura. Sekitar akhir September dan awal Oktober 2014 kemarin kurang lebih 22 orang guru dari berbagai latar belakang yang berbeda meninggalkan keluarga, sekolah, teman – teman sejawat di Indonesia menuju ke tempat – tempat berbeda di negeri empat musim. Saat ini sekitar lima bulan sudah kami merasakan dinginnya salju di Jepang dan kehangatan sopan- santu orang Jepang. Dalam tulisan ini saya secara pribadi hanya berbagi cerita tentang pengalaman mengikuti setiap tahapan – tahapan tes untuk mendapatkan beasiswa ini, beserta sedikit tips – tips yang saya jalankan. Semoga sedikit memberi gambaran tentang proses yang akan dihadapi oleh teman – teman yang ingin mengikuti program ini. Teman –teman Teacher Trainee yang lain mungkin punya pengalaman unik masing – masing yang berbeda, sehingga menarik juga menunggu pengalaman dari teman – teman yang lain di blog ini.  Untuk memperjelas, saya akan langsung menceritakan tiap tahapan –tahapan yang saya lewati.

  1. Tahap Seleksi Dokumen

Dari pesan BBM seorang teman dan hasil berselancar di dunia maya, akhirnya saya memutuskan untuk ikut serta dalam seleksi Program Beasiswa Teacher Training Monbukagakusho tahun 2014 lalu. Entah mengapa, keinginan itu begitu membara. Tahapan yang pertama adalah seleksi dokumen. Kita akan diminta melengkapi form aplikasi yang harus dilampiri beberapa kelengkapan seperti Surat rekomendasi dan persetujuan dari Kepala Sekolah, Ijazah dan transkrip dalam Bahasa Inggris dan beberapa kelengkapan lain. Untuk tahap ini, menurut saya yang perlu di perhatikan adalah kelengkapan dokumen harus beberapa kali diperiksa sebelum dikirimkan. Serta ada semacam essay sederhana yang harus kita tulis sebagai salah satu lampiran dalam form aplikasi. Untuk ini, mungkin baik untuk mendownload Study Guide yang ada di web kedutaan serta melihat pilihan program studinya. Dari situ, kita akan mendapat gambaran yang cukup jelas tentang apa yang ingin kita lakukan nanti, dan mengapa beasiswa ini penting bagi kita.

  1. Tahap Tes Tertulis

Inilah tahap yang menurut saya paling menentukan. Dari sekian ratus peserta dari beberapa kota besar di Indonesia, akan diambil beberapa puluh saja yang diberikan kesempatan untuk interview. Di tahun 2014, dari sekitar 500 pelamar, sekitar 26 yang lolos lagi ke tahap wawancara. Sebenarnya, jika bisa lolos dalam tahap ini, maka kepastian keberangkatan sudah lumayan besar. Untuk tahap ini, tes yang dihadapi adalah Tes Bahasa Inggris bagi semua peserta, dan Tes Bahasa Jepang, khusus untuk guru Bahasa Jepang. Untuk tahap ini ada baiknya mempersiapkan diri dengan contoh – contoh soal tahun – tahun sebelumnya yang bisa di download juga dari web kedutaan. Baik juga memperdalam kemampuan Bahasa Inggris dengan soal – soal TOEFL maupun IELTS. Di tahun 2014 kemarin karena tugas sekolah mendadak, saya cukup beruntung karena saya diijinkan pindah tempat tes dari pilihan semula saya di Jakarta menjadi Denpasar Bali. Untuk itu, sebelum memutuskan tempat tes, perlu dipertimbangkan secara matang.

  1. Tahap Wawancara

Biasanya 2 minggu sampai sebulan setelah tes tertulis, hasilnya sudah bisa dilihat di web kedutaan. Selanjutnya jika dinyatakan lolos, bisa mempersiapkan diri untuk tes tahap wawancara di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Untuk tahap ini, pastikan jangan terlambat datang. Bagi yang domisili di luar Jakarta, survei tempat sebelum hari H, baik untuk dilakukan. Sebelum tes, kita akan diberi penjelasan langkah – langkah yang harus dilakukan jika dinyatakan lolos tes interview. Kita dibeberapa formulir yang berisi Study Guide dan format untuk tes kesehatan. Setelah itu, kita akan dipanggil secara berkelompok, (kalo dulu 3 orang perkelompok) untuk diwawancarai oleh 2 orang pewawancara dari Indonesia dan Jepang. Untuk non guru Bahasa Jepang wawancara dilakukan dalam Bahasa Inggris. Untuk tahap ini, baik jika melihat kembali essay yang kita tulis di seleksi awal, dan mempersiapkan pertanyaan pertanyaan mendasar seperti “mengapa mengikuti program ini?”, “mengapa Jepang, dan bukan negara lain”, “bagaimana filosofi mengajar anda?” “apa yang ingin anda lakukan setelah selesai program ini?”. Ketenangan kita dalam menjawab akan memudahkan kita mengelaborasi poin – poin yang kita kemukakan.

  1. Tahap Seleksi Akhir di MEXT

Sekitar dua minggu setelah wawancara, kita akan diberitahu apakah kita lolos atau tidak di tahap wawancara. Di tahun 2014, dari 26 yang lolos di tahap tertulis, 23 orang dinyatakan lolos tahap interview dan berhak mengirimkan aplikasi final yang akan dikirim ke MEXT Jepang bersaing dengan pelamar – pelamar dari negara lain. Setelah dinyatakan lolos, kita harus segera melakukan tes kesehatan di klinik kesehata yang terpercaya. Setelah itu, kita akan diminta kembali mengumpulkan aplikasi, seperti di seleksi awal, namun disertai dengan pilihan Program Studi serta Universitas yang dipilih. Dalam tahap ini, komunikasi dengan sesama pelamar yang lolos di tahap interview akan sangat membantu. Kita bisa sekedar mengetahui perbandingan harga di klinik kesehatan di kota – kota yang berbeda, atau hal – hal rinci tentang aplikasi yang kadang – kadang terlewatkan. Setelah lamaran dan segala lampirannya kita kirim, maka tugas selanjutnya adalah banyak banyak berdoa. Penantian dalam tahap ini cukup lama. Dari sekitar bulan Maret sampai bulan Agustus. Biasanya di awal agustus kita akan menerima pemberitahuan apakah kita lolos atau tidak, namun kepastian Universitas yang kita pilih mungkin sekitar akhir agustus. Selanjutnya Agustus sampai September adalah waktu – waktu yang penuh dengan perjuangan lagi untuk mengurus soal perijinan dan tetek bengeknya yang akan dijabarkan dalam tulisan lain.Semoga, walaupun panjang dan bertele – tele, ada manfaatnya bagi yang mau membaca. Selamat berjuang!

65 comments on “Pengalaman Seleksi Beasiswa Teacher Training Monbukagakusho 2014

  1. asthree308
    October 16, 2016

    Selamat pagi, pak..
    Saya mau tanya..
    Apa bapak tau, Program ini apa bisa untuk GTT ya ?
    Saya guru tidak tetap di sd negeri. Mohon penjelasannya jika tau.
    Terima kasih

    • anjaskaruniawan17
      October 17, 2016

      Selamat pagi,

      Kalau bapak ibu GTT sudah mengajar selama 5 tahun, saya kira sudah bisa bu untuk mengajukan lamaran mengikuti program ini.

      • asthree308
        October 18, 2016

        Oke pak, terima kasih infonya 😊

  2. Syifa
    May 23, 2016

    Hallo mas anjas,.saya syifa dari tangerang selatan. blognya sangat membantu Sekaliiii!!!
    Saya mau nanya, major saya kan di chemiatry education dan skrg science education.
    tetapi sekarang hanya aktif mengajar di tuition center dan sd negeri mulok ICT.
    Kan ga relevan ya sm major saya untuk yg disekolah.
    Tetapi saya lebih ingin mengambil yg science atau chemistry edu untuk trainingnya.
    Menurut mas gimana ya? Mohon bimbingannyam thanks:’D

    • anjaskaruniawan17
      May 23, 2016

      Kalau menurut saya, pilih aja yang sesuai dengan Jurusan ibu dulu, dasar dasarnya lebih kita kuasai dibandingkan dengan yang bukan jurusan kita…

  3. iin
    May 14, 2016

    Maksih infonya.
    Mau tanya, SK ngajar kita di masukin nggak. Terus klo iya, harus translate ya

    • anjaskaruniawan17
      May 16, 2016

      Untuk yang angkatan kami dulu, SK tidak diikutsertakan dalam seleksi dokumen bu….

  4. Muh. Patuh Apriasma
    February 6, 2016

    Assalamualaikum wr wb
    perkenalkan saya saya Muh. Patuh Apriasma, Ada yg lulus seleksi program Beasiswa jepang (Monbukagasho) untuk rekan rekan guru yg akan tes di Denpasar tgl 16 Februari..
    Klo ada, mohon konfirmasinya iya brothers, supaya kita samaan brngkt,, sy dari NTB kabupaten Lombok Timur

    • anjaskaruniawan17
      February 6, 2016

      Semoga sukses selalu…

      • Muh. Patuh Apriasma
        February 10, 2016

        pak untuk tesnya kok ada bahasa jepang, soanya saya jurusan english, kalo sebelumnya kan sesuai jurusan pako

      • anjaskaruniawan17
        February 10, 2016

        Betul, saya juga baru tahu bahwa tahun ini ada tes Bahasa Jepangnya juga, dulu belum ada tes Bahasa Jepang, ya sudah dipersiapkan saja pak…

      • Muh. Patuh Apriasma
        February 11, 2016

        iya makanya, saya sangat kurang di bahasa jepang mbak,, bagaimana nech pak anjas

    • Ahmad Fathoni
      February 12, 2016

      Wa’alaikumsalam wr wb. Mas Patuh, sy Toni dr Mantang. Bisa minta no kontaknya? Sy juga tes di Bali. Trims.

  5. Lusi Suryani
    February 2, 2016

    Hallo,saya lulus TT 2016 untuk seleksi dokumen,,kira2 ada gak ya yg lulus seleksi awal TT dari palembang ikut test tertulisnya di jakarta?

    • anjaskaruniawan17
      February 6, 2016

      Semoga sukses selalu

    • khuldin kusairi
      February 14, 2016

      Saya juga tes di jakarta mbak lusi suryani. sampai ketemu di jakarta

  6. arya
    February 2, 2016

    salam kenal mas anjas.. saya lolos tahap 1 untul program TT 2016 .. disitu ada keterangan tes bahasa inggris dan tes bahasa jepang.. sedangkan saya dari mapel matematika .. apakah benar ada tes bahasa jepanya mas anjas..

    • anjaskaruniawan17
      February 2, 2016

      Selamat Pak Arya, untuk angkatan saya dulu yang tes Bahasa Jepang hanya untuk guru Bahasa Jepang saja. Kalau untuk guru yang lain, hanya tes Bahasa Inggris saja. Namun saya juga kurang tahu untuk tahun ini seperti apa….untuk memastikan, mungkin bisa dicoba menghubungi Bagian Pendidikan Kedutaan Jepangnya.

      • Muh. Patuh Apriasma
        February 6, 2016

        Salam kenal juga pak Anjas n Pak Arya, Sy Muh. Pato Apriasma, Sy dari NTB Kabuapten Lombok Timur, Alhamdulillah sy lulus Tahap Seleksi I, apakah tes ni bahasa jepang juga, padahal sy Lulusan S1 Pendidikan bahasa Indonesia

    • anjaskaruniawan17
      February 2, 2016

      Wah, maaf, ternyata kalau dilihat pengumumannya berarti dengan tes Bahasa Jepang juga ya….wah tahun ini berat juga ya syaratnya….semoga berhasil, silahkan dipersiapkan sebaik baiknya…..heheheh

  7. Ahmad Turmuzi
    January 11, 2016

    Salam kenal pak Anjas, nama saya Turmuzi. saya sdh mengirim form aplikasi untuk TT 2016, tapi setelah sy periksa lagi arsip saya, saya ternyata lupa dua hal:
    1. lupa mencentang bagian Japanese Nationality
    2. lupa mengisi email di bagian person to be notified in applicant’s home country in case of emergency.
    saya berencana mengirim email notifikasi ke email kedutaan untuk mengkonfirmasi/mengklarifikasi hal tersebut tapi saya ragu. mohon bimbingannya Pak apa yang sebaiknya saya lakukan. Terima kasih

    • anjaskaruniawan17
      January 11, 2016

      Kalau menurut saya prbadi pak, kalau sudah dikirim ya ndak apa apa. Nanti baru kalau kita lolos seleksi demi seleksi, kita akan mengisi form yang sama lagi, dan dipastikan ndak ada yang terlewat.

  8. Ahmad Turmuzi
    January 11, 2016

    Salam pak Anjas. nama saya Turmuzi, sy sdh kirim form aplikasi TT 2016, tapi setelah saya cek ulang arsip saya, saya ternyata lupa mencentang bagian Japanese nationality dan menulis email pada kolom person to be notified in applicant’s home country in case of emergency. saya berencana mengkonfirmasi ke email kedutaan tapi sy ragu. mohon saran n bimbingannya Pak. Terima kasih

    • anjaskaruniawan17
      January 11, 2016

      Kalau menurut saya prbadi pak, kalau sudah dikirim ya ndak apa apa. Nanti baru kalau kita lolos seleksi demi seleksi, kita akan mengisi form yang sama lagi, dan dipastikan ndak ada yang terlewat.

  9. christineocto
    January 6, 2016

    Siang pak arifin.. Salam kenal saya christine dari program TT 2015. Essay wajib di buat pak karena itu salah satu persyaratan tahap administrasi juga. Semangat ya pak!

  10. Nurlayli Handayani
    January 5, 2016

    Salam..
    Mas Anjas, sy jg boleh minta tolong dikirimi contoh form aplikasinya? Ini email sy cahyamalam87@gmail.com
    Terima kasih sudah sharing pengalamannya, sangat menginspirasi🙂

  11. telly tamps
    January 2, 2016

    Salam…
    Mas Anjas apa boleh minta contoh form aplikasi nya mas Anjas jg, untuk refrensi form aplikasi sy, krn ada bbrp point yg sy masih bingung ngisinya. Terima kasih sebelum nya – tellytamps@gmail.com

  12. Lusi
    January 2, 2016

    salam kenal mas anjas..
    kalau tidak keberatan saya bisa lihat application form punya mas anjar? tolog kirim ke lusisuryani23@gmail.com
    terimakasih seblmnya

  13. Lusi
    January 2, 2016

    salam kenal mas anjas..
    kalau tidak keberatan saya bisa lihat application form punya mas anjar? tolog kirim ke lusisuryani23@gmail.com

  14. lusi
    December 26, 2015

    saya mau apply beasswa teacher training k jepang 2016, tapi masih ada kendala dalam pngisian form aplikasinya. bleh liat contoh form aplikasi punya mas anjas?email sya lusisuryani23@gmail.com

  15. lusi suryano
    December 26, 2015

    saya lusi. saya berencana mendaftar program teacher training ke jepang tahun ini. mas anjas, boleh saya lihat contoh form aplikasi punya mas anjas? soalnya ada beberapa bagian yang belum saya pahami. klo boleh tlg kirim ke email saya lusisuryani23@gmail.com
    terima kasih seblumnya

  16. lusi suryano
    December 26, 2015

    mas anjas, boleh saya lihat contoh form aplikasi punya mas anjas? soalnya ada beberapa bagian yang belum saya pahami. klo boleh tlg kirim ke email saya lusisuryani23@gmail.com
    terima kasih seblumnya

  17. dadang hidayat
    December 26, 2015

    salam,,,
    mas anjas, klo boleh tolong lihat contoh form aplikasi punya mas anjas donk,,,sbg bahan acuan saja. klo bisa tolong kirim email ya,,, kangdadanghidayat@gmail.com
    trims before.

    • anjaskaruniawan17
      December 26, 2015

      Silahkan dicek emailnya mas, semoga ada gunanya ya…maaf agak telat meresponnya.

  18. dadang hidayat
    December 23, 2015

    salam mas anjaskurniawan, saya berharap besar utk dapat belajar di jepang namun ada beberapa aplikasi yg belum saya fahami. klo boleh kiranya saya dapat melihat aplikasi mas anjas sekedar utk bahan acuan. saya harap mas anjas dapat mengirim contoh arsipnya ke email: kangdadanghidayat@gmail.com
    terima kasih

    • anjaskaruniawan17
      December 26, 2015

      Saya sudah kirimkan contohnya, semoga berguna…

      • sundari
        December 31, 2015

        mas anjas salam kenal ya, sy sundari yg taun ini akan mencoba ikut beasiswa teachertraining ini, mohon dibantu untuk contoh arsipnya ya mas.makasih bgt sebelumnya.tlg krm ke email sya : sundarieiix@gmail.com

  19. yola
    December 2, 2015

    tes

  20. yola
    December 2, 2015

    siang pak. Saya sangat ingin sekali mengikuti program ini, tapi saya baru pny 2 tahun mengajar, apakah ada kemungkinan saya bisa diterima? thx

    • anjaskaruniawan17
      December 3, 2015

      Kalau melihat syarat – syaratnya sih kelihatannya tidak bisa mbak, tapi kalau penasaran silahkan coba kirim aplikasi, kalau beruntung mungkin bisa hehehe, ndak ada ruginya saya kira heheh

  21. fay
    November 2, 2015

    pagi pak, saya rifa, mau tanya ttg pengalamannya. kalau boleh tau bapak ikut mata pelajaran apa? dan saat interview apakah full dgn inggris?

    • anjaskaruniawan17
      November 2, 2015

      Selamat pagi, saya ikut mata pelajaran Bahasa Inggris, iya betul saat interview memakai Bahasa Inggris sepenuhnya.

  22. misyono
    September 29, 2015

    Mas anjas mau tanya, yang diujikan itu soal2 B.inggris y? Meliputi apa saja, apa matematika, IPA, dsb..

    • anjaskaruniawan17
      September 29, 2015

      Setahu saya untuk ujian saya dulu hanya pengetahuan dasar Bahasa Inggris pak Misyono, contoh- contoh soalnya bisa dilihat di website Kedutaan Jepang langsung

    • Christine
      October 22, 2015

      Benar mas anjas…soal2 bahasa inggrisnya hanya bahasa inggris umum saja. Sangat menguntungkan kalo pak misyono bs latian dr soal2 yg ada di website kedutaan, karna saya juga dulu belajarnya dr situ. Oh ya mas anjas, aku sdh di jepang skrg. Aku di tokushima shi. Dapet di tokushima university utk kensyu nya trus maret aku pindah ke naruto. Trimakasih ya mas anjas dah kasih2 info. Gbu

      • anjaskaruniawan17
        November 2, 2015

        Welcome aboard……….Selamat ber – Teacher Training Ceria…….

  23. Dafia Mega
    August 16, 2015

    siang…sy dafia,mhn infonya kl utk form aplikasinya ckp didownload sj atau kt hrs mngambil langsung k kedutaan?trmksh infonya🙂

    • anjaskaruniawan17
      September 29, 2015

      Untuk form aplikasinya silahkan langsung saja didownload di website kedutaan mbak Dafia…

  24. Dafia Mega
    August 16, 2015

    siang…sy dgn dafia,untuk form aplikasinya itu apakh cukup di download sj atau hrs di ambil di kedutaan?mhn info’y…arigato🙂

  25. christine
    June 6, 2015

    mas anjas.. saya baru saja dapat email kalo saya lolos seleksi akhir mext tinggal menunggu penempatan universitas. nah pada tahap ini kemungkinan berangkatnya seberapa besar ya mas? terimakasih

    • anjaskaruniawan17
      June 6, 2015

      Wah, kalo udah dapet email, mungkin seratus persen berangkat, selamat ya, tinggal nunggu universitasnya, kemarin pilih mana univnya?

      • Christine Octo
        June 26, 2015

        Terima kasih mas, maaf lama membalas. kemarin saya pilih chiba, mie dan naruto. tapi berharap banget dpt yang di chiba mas. tp kalo boleh tau tahapannya sama dengan yg TT2014 apa nggak ya? kalo taun ini: seleksi berkas- tes tertulis- tes wawancara – seleksi berkas terakhir + essay – seleksi akhir.

        Tapi di email terakhir yang saya terima ada kata2 yang kurang lebih isinya seperti ini: saat ini pihak mext sedang berusaha merekomendasikan peserta yang lulus seleksi akhir ke univ2 pilihan peserta, namun jika tidak ada univ yang bersedia menerima peserta, maka beasiswa tidak dapat di berikan kepada peserta. nah kata2 terakhir itu yg membuat saya cukup galau mas. soalnya kmrn pas akhir taun ajaran selesai udah ada kasek ku bikin farewell2an sama temen2 karena ada bbrp teman juga yang pindah dan resign. lah kan ga lucu kalo dah farewell2an trus ga jadi berangkat… wkwkwkwkwkwk..

        Oh ya nanti pengumuman penempatan univ baru dikirim pertengahan agustus, mas. mudah2an siy saya dapet di Chiba.. Amin.

  26. Rhu Lee
    March 15, 2015

    it’s very helpful…
    btw, what we should write in essay?
    respond, please…

    • anjaskaruniawan17
      April 13, 2015

      Intinya tentang rencana yang akan dilakukan di Jepang, relevansinya dengan tugas mengajar sekarang, dan manfaat apa yang bisa diambil ketika pulang nanti,

  27. Iori
    March 8, 2015

    Gimana dengan kemungkinan gagal di fase setelah interview, saya termasuk yang lulus interview tahun ini dan diminta untuk mengurus tes kesehatan dll. apakah ada kemungkinan gagal bagi peserta yang lulus interview oleh MEXT ?

    • anjaskaruniawan17
      April 13, 2015

      Biasanya beberapa minggu / hari setelah interview, akan diberitahu lolos atau tidak, setelah lolos interview, kemungkinan gagal tetap ada, namun lebih besar kemungkinan berangkat.

    • Christine Octo
      June 26, 2015

      Hai mbak lori.. salam kenal mbak… Mbak, maaf nanya, nama lengkapnya apa ya? peserta dari mana? aku christine octo veronica dari penabur gading serpong.

  28. irman
    February 27, 2015

    Thanks infonya, cukup membantu, mdh2n sy juga bisa ke Jepang melalui program ini. Amiin

    • anjaskaruniawan17
      April 13, 2015

      Amin, semoga bisa belajar ke Jepang.

      • arifin
        December 26, 2015

        pagi pak bagai mana kaau gak menyertakan essay pak

Leave a Reply

Information

This entry was posted on February 23, 2015 by in seleksi and tagged , , .
TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

