Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

Pasar-pasaran di SD Nagoya (lesson study)

Istikumayati - Berbagi Inspirasi

Hari ini berkesempatan mengikuti lesson study di sebuah SD di Nagoya. Pada mata pelajaran seikatsuka (life environtment study) kali ini, diberi judul 「2回目の2こ2こランドを聞いて思ったこと」. Yang menarik dari judul ini, “2こ2こ” (nikoniko) punya 2 arti, yang pertama menunjukkan kelas 2-2, dan “niko-niko” dalam bhs Jepang berarti “senyum-senyum”. Kalo diterjemahkan bebas, arti judul tersebut berbunyi, “Mari mendengarkan tentang pemikiran/pendapat siswa kelas 2-2, tentang Smile Land ke-2”. (hehe….jelek banget ya terjemahannya (>_<))

Pembelajaran kali ini merupakan lanjutan dari beberapa pembelajaran gokko (main pura-pura-an) yang telah lalu. Saya ringkas, sebagai berikut :

  • 3 Okt : Main pura-pura seperti yokkai wocchi (coba deh disearchdi google, lucu animenya)
  • 9 Okt : Main pura-pura tukar-menukar kartu nama

8 toko oleh siswa kelas 2-2 8 toko oleh siswa kelas 2-2

  • 16 Okt : Membahas tentang “nakama” atau “sesama, kebersamaan”
  • 22 Okt : Bermain di toko buatan mahasiswa
  • 31 Okt : Karena senang bermain pasar-pasaran (toko-tokoan) bersama mahasiswa, akhirnya dimusyawarakan akan membuat sendiri pasar-pasaran
  • 4 Nov…

View original post 941 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 20, 2014 by in Pokoknya Cerita!.
TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

%d bloggers like this: