Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

TANABATA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA tanabata di sendai

Tanggal 7 Juli ya, hmmm kenapa banyak kertas berada di ranting bambu ya? Yup hari ini sedang dirayakan sebagai tanabata (七夕) atau Festival Bintang. Huruf kanji yang digunakan untuk menulis Tanabata bisa dibaca sebagai shichiseki (七夕, malam ke-7). Di zaman dulu, perayaan ini juga ditulis dengan kanji yang berbeda, tapi tetap dibaca Tanabata (棚機). Jadi ini sebetulnya tradisi yang berasal dari Cina yang diadaposi pada tahun 755. Jadi intinya tanabata dirayakan tiap tanggal 7 Juli sebelum perayaan Obon dan sebagian upacara dilakukan di malam hari tanggal 6 Juli. Di wilayah Jepang sebelah timur seperti Hokkaido dan Sendai, perayaan dilakukan sebulan lebih lambat sekitar 8 Agustus.

Legenda Jepang tentang Tanabatatsume terdapat dalam kitab Kojiki mengisahkan seorang wanita bernama Tanabatatsume yang harus menenun pakaian untuk dewa di tepi sungai, dan berada di rumah sedang dalam keadaan menenun untuk dijadikan istri semalam sang dewa agar desa terhindar dari bencana.

Ada variasi legenda Tanabata di Jepang dan Tiongkok mengisahkan bintang Vega yang merupakan bintang tercerah dalam rasi bintang Lyra sebagai Orihime (織姫), putri Tentei sang Raja Langit (天帝)yang pandai menenun. Bintang Altair yang berada di rasi bintang Aquila dikisahkan sebagai sebagai penggembala sapi bernama Hikoboshi (彦星). Hikoboshi giat bekerja sehingga diizinkan Tentei untuk menikahi Orihime. Mereka hidup bahagia, tapi Orihime tidak lagi menenun dan Hikoboshi tidak lagi menggembala. Tentei sangat marah dan keduanya dipaksa berpisah. Orihime dan Hikoboshi hidup terpisahkan oleh sungai Amanogawa (天の川 ) (galaksi Bima Sakti) dan hanya diizinkan bertemu setahun sekali di malam hari ke-7 bulan ke-7. Kalau kebetulan hujan turun, sungai Amanogawa menjadi meluap dan Orihime tidak bisa menyeberangi sungai untuk bertemu suaminya.

Literatur klasik tentang legenda Tanabata melahirkan berbagai macam variasi cerita rakyat di berbagai daerah di Cina. Variasi legenda Tanabata dijadikan naskah sandiwara, seperti Tian he pei. Kisahnya tentang penggembala sapi bernama Niulang yang mencuri pakaian salah seorang bidadari bernama Zhinu yang sedang mandi. Niulang menikah dengan Zhinu sampai pada akhirnya bidadari Zhinu harus kembali ke langit. Niulang mengejar Zhinu sampai naik ke langit, tapi ibu Zhinu yang bernama Xi Wangmu (dewi surga) memisahkan tempat tinggal Niulang dan Zhinu dengan sebuah sungai. Cerita ini mirip dengan cerita rakyat Jepang yang berjudul Hagoromo dan mirip Jaka Tarub di Indonesia. (Iya kah?)

Secara tradisi, perayaannya dilakukan di malam ke-6 bulan ke-7, atau pagi di hari ke-7 bulan ke-7. Sebagian besar upacara dimulai setelah tengah malam (pukul 1 pagi) di hari ke-7 bulan ke-7. Di tengah malam bintang-bintang naik mendekati zenit, dan merupakan saat bintang Altair, bintang Vega, dan juga galaksi Bima Sakti paling mudah dilihat.

Kemungkinan hari cerah pada hari ke-7 bulan ke-7 kalender Cina lebih besar karena masih berada dalam musim panas. Hujan yang turun di malam Tanabata disebut Sairuiu (洒涙雨), dan konon berasal dari air mata Orihime dan Hikoboshi yang menangis karena tidak bisa bertemu.

Sekarang ini, festival Tanabata dimeriahkan tradisi menulis permohonan atau puisi di tanzaku atau secarik kertas berwarna-warni dan diikatkan di ranting bambu dan membentuk seperti pohon harapan. Kertas tanzaku (短冊) terdiri dari 5 warna (hijau, merah, kuning, putih, dan hitam). Tradisi ini khas Jepang dan sudah ada sejak zaman Edo. Di Cina, tali untuk mengikat terdiri dari 5 warna dan bukan kertasnya. Permohonan yang dituliskan pada tanzaku bisa bermacam-macam sesuai dengan keinginan orang yang menulis. Setelah festival Tanabata akan dibakar atau dilarung ke laut sebagai tanda puncak festival. Dan di Jepang, tanabata terbesar ada di Sendai.

450px-SendaiTanabata1

Dan ini ada lagu saat tanabata

ささのは さらさら            Sasa no ha sara-sara            The bamboo leaves rustle,
のきばに ゆれる            Nokiba ni yureru.                   shaking away in the leaves.
お星さま きらきら          Ohoshi-sama kira-kira          The stars twinkle
きんぎん すなご            Kingin sunago .                        on the gold and silver grains of sand.
ごしきの たんざく          Goshiki no tanzaku                  The five-color paper strips
わたしが かいた           watashi ga kaita.                     I have already written.
お星さま きらきら         Ohoshi-sama kirakira,            The stars twinkle,
空から 見てる               sora kara miteru                      they watch us from heaven.

 

Jadi pada tanggal 7 Juli, jika kau melihat ke langit di malam hari dank au bisa melihat Vega (Orihime) dan Altair (Hikoboshi), itu berarti pasangan tersebut bertemu kembali, bisa dikatakan reuni lah. Tapi jika pada tanggal 7 Juli, di daerahmu mendung atau hujan, seperti di Naruto saat ini, ini merupakan hari yang menyedihkan bagi pasangan tersebut karena mereka harus menunggu untuk bertemu kembali di tahun berikutnya. Seperti saya yang harus menunggu tahun depan untuk bertemu pasangan saya. Dan ijinkan saya menulis harapan saya dulu untuk Indonesia, teman, dan keluarga saya. Serta untuk sahabat TT semuanya agar bisa terwujud semua apa yang diinginkan. Aamiin.

IMG_5538

Happy Tanabata, Everyone!!!

PS: Pada tahun 2008, pertemuan negara G8 ke-34 yang diadakan di Tōyako, Hokkaidō dan dilaksanakan pada saat Tanabata. Sebagai tuan rumah, PM Jepang, Yasuo Fukuda, mengajak para pemimpin G8untuk ikut menuliskan harapan mereka di tanzaku, dan menggikatkannya di pohon bambu. Juga, tanggal ini sama dengan tanggal pernikahan saya … happy wedding anniversary, dear.

34th_G8_summit_member_20080707

Sonny TT 2013

Sumber dari wikipedi.com dan warga Jepang waktu pulang selesai field study

About sonnyelfiyanto

I am a humorist, easy going, and care person. I like playing music a lot. Now, I am an educator in Malang. Collecting Hot Wheels and Gundam are my new hobbies.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 7, 2014 by in Pokoknya Cerita!.
TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

%d bloggers like this: