Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

教科 dan 領域 dalam kurikulum SD Jepang

Apa sih kyoka (教科) dan ryoiki (領域) itu ?

Penjelasan paling mudah adalah, ryoiki merupakan kegiatan pembelajaran selain kyoka. Misalnya : sogotekina gakushu no jikan dan dotoku.

Lalu perbedaan keduanya apa?

Pertama, kalau kyoka, guru/pengajar butuh lisensi untuk mengajarkannya. Hal ini terlihat di SMP dan SMA. Satu guru pegang lisensi mengajar satu mata pelajaran. Nah, baik di SD, SMP, SMA, guru tidak perlu lisensi khusus untuk mengajar ryoiki.

Kedua, karena ryoiki bukan kyoka, maka tidak ada “kyoka-sho” (教科書)- buku teks. Karena tidak ada buku teks, maka logikanya tidak ada test atau ujian.

Pembagian mata pelajaran di SD Jepang :

jam pelajaran SD

Ada 4 bidang di dalam kurikulum sekolah Jepang :

  1. Masing-masing mata pelajaran (国語-kokugo (bhs Jepang)・社会-shakai (ilmu sosial)・算数-sansuu (berhitung)・理科-rika (ilmu pengetahuan alam)・生活-seikatsu (life environmental study)・音楽-ongaku (seni musik)・図画工作-zugakousaku (seni dan kerajinan)・家庭-katei (rumah tangga)・体育-taiiku (pendidikan jasmani))
  2. 道徳-dotoku (pend. moral)
  3. 特別活動-tokubetsu katsudou (Kegiatan khusus)
  4. 総合的な学習の時間-sogotekina gakushuu no jikan (jam pelajaran komprehensif/gabungan)

(2-3-4), yaitushogotekina gakushuu no jikan (3SD s/d SMA), dotoku kyouiku (pend moral) dan tokubetsu katsudou (kegiatan khusus) adalah 3 bidang di luar mata pelajaran lain (kyoka) yang ada di sekolah Jepang. Ketiganya tdk bisa disebut kyoka (mata pelajaran), melainkan masuk di jam pelajaran tambahan, atau disebut ryoiki, yang saya tidak tahu apa padanan di bahasa Indonesia.

Ryoiki masuk di dalam jam pelajaran, namun tidak ada buku paketnya, sedangkan kyoka (mata pelajaran) ada buku paket/panduannya. Isi pembelajaran ryoiki ditentukan oleh guru, siswa, dan sekolah masing-masing.

Jika mata pelajaran yang lain dievaluasi dari angka 1 utk yg terendah, dan angka 5 utk yang tertinggi, maka 3 bidang ryoiki di atas penilaian/evaluasinya berupa diskripsi, misalnya ‘Sudah menampakkan usaha kerasnya dalam kegiatan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar‘ dll.

Kegiatan di jam seikatsuka anak kelas 1&2 SD bermacam-macam, sesuai sekolah masing-masing. Misalnya : belajar nanam bunga asagao, membuat dan terbangkan pesawat ufo dr piring kertas, wawancara dg penjual kue, meneliti dan merawat serangga, kelinci dll, juga masak kue kusa mochi. Kegiatan di tiap sekolah, tiap guru beda-beda. Karena memang tidak ada buku teks. Hanya ada haluan besar saja, point-point isi pembelajaran, yg diterbitkan monbukagakusho (depdikbud jepang).

Ketika kelas 3 SD hingga SMA, pelajaran seikatsuka tidak ada, tetapi diganti dan dilanjutkan dg shogotekina gakushuu no jikan. Seperti yang terlihat dalam tabel pembagian jam pelajaran di atas.

Inti dari pelajaran seikatsuka dan sogotekina gakushuu no jikan adalah anak2 bermain sambil belajar. Bagaimana anak-anak ngerti hubungan dirinya dengan sekolah, lingkungan sekitar, org di sekitar, alam (bisa tumbuhan, hewan, sampah, fasilitas sekolah dll).

Tujuan besarnya adalah menghubungkan dan menghilangkan GAP antara dunia sekolah dan dunia masyarakat. Seperti apa yg dicetuskan John Dewey, ratusan tahun lalu.

Source : http://istikumayati.wordpress.com

About Kuma

Mantan pegawai. EO sekaligus manager di CV. Kreasi Presentasi (www.KreasiPresentasi.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 25, 2014 by in Istikumayati, sekolah and tagged , , , , .
TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

%d bloggers like this: