Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

Arubaitoo (For Japanese Speaker level jongkok)

arubaito atau lebih sering disingkat baito (kerja part time) adalah hal yang umum dilakukan oleh mahasiswa di Jepang.

kesempatan untuk baito ini pun terbuka lebar.

hampir di setiap restoran atau supermarket pasti memuat pengumuman lowongan, pun papan-papan pengumuman di kampus banyak memuat lowongan pekerjaan bagi mahasiswa.

pekerjaan yang umum dilakukan adalah menjadi pelayan restoran atau kasir supermarket, dengan gaji 800-1000 yen/jam.

tutor saya bahkan bisa membiayai sendiri liburannya ke eropa semester kemarin dari hasil baito ini!

jadi ga ada gengsi atau malu di kamus mereka.

 

untuk kita mahasiswa asing pun kesempatan terbuka lebar,

yang penting kita sudah mengantongi ijin baito dari imigrasi (http://www.moj.go.jp/ONLINE/IMMIGRATION/16-8.html)

tapiiii syaratnya adalah kita harus memiliki kemampuan bahasa Jepang dengen level native speaker.

 

nah kalau untuk mahasiswa seperti saya yang baru belajar bahasa Jepang ketika tiba di Jepang (hehe..) yuk dadah babay deh ya sama lowongan-lowongan ini🙂

 

tapi untungnya selama hampir 9 bulan di sini saya berkesempatan melakoni beberapa jenis baito dan menurut saya semuanya menyenangkan!

saya berkesempatan berbaur dengan banyak orang jepang, yang tentunya lumayan membantu kekmapuan komunikasi saya dalam bahasa jepang, not to mention bayarannya yang cukup lumayan untuk bisa ajak anak-anak jalan-jalan… hihi….

 

saya coba share ya baito apa saja yang jalani, mudah2an jadi penyemangat untuk teman-teman yang kemampuan nihongonya sama jongkoknya seperti saya🙂

 

1. english teacher

sejak 2 bulan lalu saya menjadi pengajar di KIDS Luden setiap hari selasa dan rabu sore.  KIDS Luden ini semacam tempat kursus bahasa inggris untuk bayi dan anak-anak.

awalnya ragu untuk menerima tawaran ini karena selama ini saya terbiasa mengajar level SMA, belum punya pengalaman sama sekali dengan anak-anak kecil, tapi kemudian saya berpikir, mumpung di sini, ambil ilmu sebanyak2nya, siapa tahu berguna untuk nanti…

jadi ya here i am, mengajar bahas inggris untuk anak2 TK dan SD, dan so far saya cukup enjoy, pleus saya dapat banyak ilmu mengenai kurikulum TK-SD dan juga ilmu komunikasi dengan anak-anak.

oia saya mendapat pekerjaan ini melalui Gaijin Pot, dengan bayaran 2000 yen/jam plus uang transport.

 

2. Chiba University Simulated Patient

kalau ini saya mendapatkan infonya dari papan pengumuman kampus.

Fakultas Kedokteran Chiba University membuka kelas pelatihan Bahasa Inggris untuk mahasiswa tahun ke 5nya dan mereka membutuhkan pasien berbahasa inggris untuk ajang latihan mahasiswanya.

kalau ini hanya sebulan 2 kali setiap hari senin malam jam 6-9, dengan total bayaran 4500 yen.

tapiiiii baito yang ini lumayan favorit deh, karena kami para pasien diperkenankan mengikuti perkuliahannya dari pukul 6-7.30.

seru ya! dapat ilmu dan dapat uang… hihi…

 

 

2 comments on “Arubaitoo (For Japanese Speaker level jongkok)

  1. Christine Octo Veronica
    February 25, 2015

    hai mbak wulan.. tertarik banget niy sama ulasan baito disana. aku belum sampe di jepang siy. cuma mau jaga2 aja. selasa minggu depan mau test wawancara soalnya. mbak, tanya donk kalo part time di sana susah gak? maksudku untuk interview dan ijin2 nya gitu. trus kalo jadi part timer disana di test apa aja? mbak punya ide gak aku guru english juga kampus mana yaa yang highly recommended untuk memperdalam ilmu bahasa inggris. terimakasih mbak

    • Rhu Lee
      March 30, 2015

      wow, selamat ya, semoga berhasil…
      info donk mba Christine, pas essay nulis apa aja biar bisa lolos…:)
      aq mau coba next year…:)

Leave a Reply

TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

