Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

Why Tsukuba? (^_*)v

Artikel Oleh : Eka Fransisca Yulianie, TT 2013, Tsukuba University

Sambil menunggu jam-jam keberangkatan menyongsong petualangan selanjutnya, nonton Yuki Matsuri di Sapporo Hokkaido, saya akan mempromosikan kampus tempat saya belajar ini. *Lol

Salah satu pertanyaan yang akan ditanyakan pada saat tes wawancara adalah, “Universitas mana yang anda pilih dan kenapa?” dan tentu saja semakin meyakinkan jawaban kita maka kesempatan lolos akan lebih besar (yang ini sebenarnya cuma opini penulis aja sih. Hehe.. jadi jangan tanya-tanya presentase yah😛 ).

Jadi, kenapa University of Tsukuba? Well, kalo nanya ke Mbah Gugel akan dapat fakta ini dari kakak Wikipedia:

“The positions in the University ranking is depending on the subjects, however, generally it has higher rankings in social science field such as Economics (#3 in Japan) or Law (#5 in Japan.) In 2010 QS World University Rankings[12] ranked Tsukuba University as the 20th best university in QS Asian University rankings.[8] The 2012 “QS top 50 under 50“,[13]ranks Tsukuba joint 13th (with Hong Kong Polytechnic University) – the only Japanese institution on the list.

The university is ranked one of the top Asian universities (19th–26th) in the “Academic Ranking of World Universities“. [1]Global University Ranking places the university 41st globally.[14] Traditionally, the university has been famous for its social science and international studies, and the latest Toyo Keizai (週刊東洋経済) 2010, one of the most influential economic magazines in Japan [2], ranked the School of Social and International Studies (社会国際学類, former 社会学類 and 国際関係学類) as No.1 among international, social science departments (which include Economics, Law, Politics, and Sociology) in Japan. It also ranked those courses as most selective”.

Dan berdasarkan kesan penulis adalah ini:

  1. Tempatnya nyaman. Banyak taman dan pohon, termasuk sakura. Jadi kalo mau momiji-an di musim gugur atau hanami-an di musim semi ga usah jauh-jauh, cukup buka jendela aja.(^_*) Plus, deket dari Tokyo. Cukup naik Tsukuba express kurang lebih 1 jam nyampe deh di Akihabara. Atau naik bus bisa nyampe di Tokyo station kurang lebih 2 jam. Asrama? saya tinggal di single (family) room a.k.a kamar yang sebenernya buat family tapi berubah kebijakan jadi buat single. Ada dua bed, toilet, kamar mandi, dapur, dan bahkan tempat mesin cuci. Luas sekitar 30 m2. Sewa perbulan 22.600 yen (agak mahal ya? Tapi worth it kok). Sebetulnya kalau asrama memang tergantung kebijakan kampus dan program yang diikuti sih, tapi menurut staf kampus yang berwenang di Teacher Training Program, mulai tahun ini kampus akan lebih memperhatikan kesejahteraan para peserta TT. Asyik kan?😀
  2. Japanese Intensive Program-nya bener-bener benri, eh, oke banget. Saya berangkat bener-bener buta bahasa Jepang, 4 bulan kemudian bisa baca kanji sekitar 200 karakter dan presentasi tentang Indonesia in Japanese (walaupun tentu saja pakai bahasa Jepang yang super dasar. Hey, what do you expect anyway? *Lol)
  3. International Student Centernya banyak ngadain kegiatan. Misalnya, kemarin kita bisa nonton Rakugo. Artisnya termasuk ranking shin uchi, alias ranking tertinggi di Rakugo. Jadi dijamin tetep bisa ngakak walaupun secara bahasa ga ngerti-ngerti amat. Trus ada pula pelatihan Manga dari animator terkenal, trip dengan biaya super murah (yang ini saya masuk waiting list karena telat daftar. >_<), Mochitsuki, dll dsb.
  4. Banyak orang Indonesia, jadi kadang berasa di Bandung aja *eh. PPI-nya juga aktif dan seru banget. Ada pengajian akhwat ikhwan tiap minggu, ada acara-acara lecture terutama bagi yang akan pulang ke Indonesia, ada makan-makan (ini salah satu kegiatan yang harus hadir, ahahaa..), ada jalan-jalan bareng juga. Dijamin ga akan jadi lupa sama bahasa Indonesia karena practice terus *eh.😛
  5. Masjid deket. Gampang kalo mau solat Ied, apalagi kalo punya sepeda ato mobil (ya iya lah). Kemarin saya sempet solat Iedul Adha sebelum masuk kelas (baru tahun ini ngerasain idul adha ga libur). Di masjid juga ada kajian-kajian pekanan, termasuk tahsin oleh native bahasa Arab.
  6. Ada grup Halal Ibaraki yang posting berbagai makanan halal dan tempat belinya. Jadi Alhamdulillah mudah nyari makanan halal disini.
  7. Recycle shop dan Hyaku en shop (Toko 100 yen) banyaak. Ini penting banget lho, terutama Hyaku En shop-nya. Apapun bisa kita temukan disini dengan harga yang terjangkau. Eh tapi tetep harus hati-hati ya, soalnya barangnya lucu-lucu kadang suka kalap. Hehehehe…

Dan maaasih banyak lagi. Ngerasain sendiri pasti lebih seru deh dibanding diceritain. *winkwink*

So, cordially invite you to join us here in our lovely beloved Amazing University of Tsukuba.😀

Image

2 comments on “Why Tsukuba? (^_*)v

  1. feni
    April 17, 2015

    Wah infonya menarik. Kebetulan saya bulan september insyaAllah akan ke univ tsukuba untuk exchange research 6 bulan. Boleh minta orang yang bisa dihubungi atau pengurus PPI di sana tidak ya? Terima kasih

  2. diana
    September 23, 2014

    Assalamualaikum mbak saya suka dengan blog mbak, mbak saya ingin bertanya lebih dalam dengan univ tsukuba karena saya tertarik untuk kuliah disana. Boleh minta alamat email mbak. salam

    Diana
    dyana.setya@yahoo.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

%d bloggers like this: