Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

Persiapan Untuk ke Jepang, Apa Yang Harus Dibawa, Apa Yang JANGAN dibawa!

Banyak sekali panduan tentang apa yang akan anda persiapkan sebelum keberangkatan. Percaya tidak, sampai hari H keberangkatan saya, saya masih di pusat perbelanjaan, membeli souvenir untuk professor saya. Di group teacher training memang tersedia berbagai informasi, dan kita bisa berkomunikasi langsung dengan senpai, Namum ada beberapa hal yang membuat saya geleng geleng kepala tersenyum sendiri setelah sampai kesini karena banyak barang barang yang sebenarnya tidak perlu saya bawa dari Indonesia. Maka dari itu, saya ingin sharing untuk program teacher training selanjutnya supaya tidak sebingung saya dan lebih efektif dalam persiapan ke Jepang. Dan tentu saja, lebih irit!

Disini saya akan share tips yang akan mempermudahkan teman teman dalam persiapan yang kadang menjadi bahan pembicaraan yang hangat dalam topic group, saking inginnya membawa semua barang dari Indonesia🙂

Jenis Travel Bag (Luggage)

Meski sebenarnya panduan jenis travel bag beserta berat maksimum sudah sangat jelas diberikan di link http://www.jal.co.jp/en/inter/service/bag/, tetap saja akan menjadi kontroversi paling hangat, terutama untuk yang baru pertama kali ke Jepang seperti saya. Pada dasarnya ukuran maksimum yang diperbolehkan adalah ukuran large dari berbagai merk yang ada di Indonesia. contohnya seperti tas saya ini nih. Jangan malu maluin bawa penggaris dan ngukur pas beli di Indonesia ya hehe.

Diperbolehkan membawa 2 tas ukuran large, tapi sangat sangat disarankan JANGAN!

Kenapa? karena nanti, andalah yang akan membawa tas itu sendiri, bila mau, bawa satu lagi tas travel bag sport atau luggage ukuran kabin. Saran saya ukuran kabin, sehingga bisa dibawa untuk travelling di Jepang. Di Jepang, jalan sangat dibuat nyaman untuk orang membawa tas seperti ini sehingga nyaman untuk membawa kemana mana, terutama bepergian dengan kereta atau bis. Tas laptop boleh dibawa ke kabin. Bawalah tas laptop yang ransel, karena lebih berguna untuk kegiatan sehari hari termasuk jalan jalan di sini.

Travel bag saya. Ukuran L dan ukuran kabin.

Merknya apa ya?

Tidak usah mahal mahal. Banyak di Indonesia Tas ukuran Large yang sale 50 % dengan harga sekitar 600 rb -1 juta an. Jangan Takut rusak bila membeli yang harga murah karena tas bisa di wrap dengan plastik dengan harga yang murah, sekitar 40 ribuan di Bandara Soekarno Hatta nanti, untuk meyakinkan tas anda aman.Beli tas dengan gembok TSA terpisah untuk keamanan. Memang tipikal orang asia sangat ingin membawa selengkap lengkapnya. Berbeda dengan mahasiswa dari Eropa misalnya yang cukup membawa satu Large luggage saja. Mari kita lebih pintar dan hemat dalam perbekalan!

Isinya apa saja ya?

Silahkan bebas asal jangan sampai melebihi kapasitas. Satu tas maksimum 32 Kg. Bawa persediaan pakaian yang kira kira cukup untuk sekitar seminggu. Utamakan pakaian musim dingin. Boleh pakai jins untuk kuliah? tentu saja boleh! Yang menggunakan rok mini atau legging banyak disini, tidak perlu terheran heran. Perlu diingat kultur di sini berbeda dengan di Indonesia. Untuk masalah nilai nilai saya kembalikan ke masing masing individu, saya yakin anda semua bijak dan dewasa. Untuk yang memakai kerudung jangan khawatir, di sini orang orang menurut saya tidak anti terhadap orang muslim atau berpakaian berbeda. Tidak seperti yang saya dengar sebelumnya.

Selain baju hal yang pasti harus dibawa adalah :

1. Obat pribadi.

2. Bumbu bumbu dan makanan instan, terutama yang halal untuk yang muslim.

3. Indomie? sangat dianjurkan🙂. Kalau boleh saya nitip!

4. Satu set peralatan tulis. seperti buku bolpen pensil dan penghapus. Hal kecil yang suka lupa.

5. Satu set peralatan makan, cukup untuk sendiri.

6. Baju daerah, kebaya atau batik. Karena nanti pasti ada acara atau keharusan memperkenalkan budaya masing masing negara.

7. Mukena untuk yang muslim.

8. Colokan listrik ujung dua. Kalo ada beli 2. lihat foto . Tidak usah khawatir membawa laptop dari Indonesia. Bisa dipakai walaupun di Jepang tegangan listriknya berbeda. Kalau tertinggl pun sebenarnya tersedia disini, hanya lebih mahal. Lebih baik beli di Indonesia.

Colokan listrik ukuran A

8. Sepatu dan sendal, masing masing satu pasang cukup. Gantian dengan yang dipakai.

9. Oleh oleh? bawa saja gantungan kunciuk teman sekelas nanti, 20 buah sudah lebih dari cukup. Buat sensei cukup kain batik.Orang Jepang menyukai kain Batik. Jangan berlebihan dalam hal souvenir, lebih baik uang di gunakan untuk pos yang lebih perlu.

11. Satu set lunch box dan tempat minum, untuk mengirit makan siang.

Uang? Berapa ya?

Ukuran aman menurut versi orang jepang adalah 150 000 yen. Tapi bila tidak memungkinkan, 80.000 yen cukup. Asal pada minggu kedua, anda sudah mempunyai rice cooker di dormitory. Saya tinggal di Tsukuba, dengan standard harga dormitory yang cukup mahal, 23.000 yen perbulan. Saya bisa hidup sampai uang beasiswa pertama datang. Memang tidak sedikit jumlah uang yang harus tkita bawa. Oleh karena itu berkonsentrasi saja dengan hal yang penting.

Ini yang paling penting dan sebenarnya inti artikel ini:

Barang apa saja yang JANGAN dibawa dari Indonesia?

Saya akan list disini :

1. Handphone dari Indonesia

Simpan saja di Indonesia karena betul betul tidak bisa dipakai disini. Ipad atau tablet lebih mending karena bisa menggunakan fasilitas WIFI dan bisa digunakan untuk presentasi. Handphone akan dimiliki paling cepat di hari ketiga. Prosesnya mudah. Disarankan membeli smarphone karena sangat berguna. Akan saya ceritakan lebih banyak di artikel selanjutnya.

2. House appliance seperti rice cooker, hair dryer, setrika, katel, panci dan lain lain.

Mintalah info kepada tutor, professor atau teman  tentang  toko 100 (Hyaku) yen,  second shop atau recycle shop. Jangan malu membeli barang ditempat seperti ini karena di Jepang ini adalah hal yang sangat lumrah. Tidak usah terburu buru membeli yang baru. Utamakan beli rice cooker dan peralatan masak. Untuk peralatan masak minta info 100 yen shop. Tersedia lengkap disini termasuk alat tulis. Akan saya ceritakan di part 2.

3. Baju musim dingin, dan Boots

Jangan membeli jaket dan boots dari Indonesia, karena di sini , Lebih murah! yang lebih penting lagi, spesifikasinya lebih pas untuk menahan panas dan melindungi badan. Baju dalam Heat tech juga banyak tersedia disini. DI indonesia saya membeli Long John seharga 300 rb, di sini baju heat tech yang bisa menyimpan panas kalau dikonversi ke rupiah harganya sekitar 100 rb.

Untuk artikel ini sampai disini dulu ya, tips hemat lainnya seperti apa itu 100 yen shop? ada dimana biasanya? akan saya share  minggu depan! Sekarang saya belajar dulu, besok ada test Kanji. Sukses!

erlin avatar

19 comments on “Persiapan Untuk ke Jepang, Apa Yang Harus Dibawa, Apa Yang JANGAN dibawa!

  1. tina
    August 20, 2016

    selamat pagi mbak Erlin… kebetulan anak saya tahun ini dapat beasiswa ke Tohoku University… cuma masih bingung persiapan apa saja yang harus disiapkan dan bisa digunakan di Jepang….. untuk kebutuhan harian sabun cuci, sabun mandi dll apa juga boleh bawa dari Indonesia… mohon infonya ya mbak… terima kasih . tIna

  2. SF Utami
    July 19, 2016

    permisi kakak, mau tanya nih… aku kan oktober ini mau ke aichi, nagoya… kira2 biaya hidup disana apakah hampir sama dengan yg di tokyo??

  3. gusfandri pratama
    June 21, 2016

    Mbak… Perlengkapan mandi baik ny beli dsini atau dsana? Hrga prlengkapan mandi mahal gk dsana?? Dtggu reply ny mbak..

    • mathsienceteacher
      June 21, 2016

      Mas, beli disana aja mas:)

    • mathsienceteacher
      June 21, 2016

      Disana harga relatif sama ko. Dan hindari membawa banyak cairan ke dalam Kabin. Kecuali mas nya ngefans banget ama sunsilk, di sana ga ada:)

  4. Astrid
    December 20, 2015

    Halo.. Ada kah orang indonesia di yokohama yang mau jadi tourguide? Krn saya mau ke yokohama 26 desember ini.

  5. jumaeda jatmika
    June 9, 2015

    Halo mba,, pencerahan banget nih,,

    Oktober ini saya brangkat ke shizuoka,, dan g tau apa apa
    Untuk bawa uang tunai pertama kali apakah sekitar 100 ribu yen cukup? Cukup untuk berapa minggu mba? Oia untuk pengurusaN alien card, bayar listrik, gas, asuransi, beli kartu hp, dormitory pertama kali itu menghabiskan berapa ya mba realnya? Mohon bantuannyaaa
    terima kasih ,,

  6. hhh
    May 23, 2015

    JANGAN bawa 2 koper gede? masa sih? geret koper aja males banget, apalagi disuruh naik tangga berpuluh-puluh di Jepang. Ada rodanya kan? Di bandara ada travelator. Lift juga ada kok.

    JANGAN bawa handphone Indonesia? Ngga juga ah. Teman saya yang dari berbagai belahan dunia lain juga tetap membawa handphone mereka. Ini karena ada banyak hal yang masih ‘nyangkut’ di handphone mereka seperti nomor kontak, isi sms, call history, game yang belum selesai, dll. Banyak juga yang masih ‘nyangkut’ dengan bank di negara asal. Contohnya kalo PIN internet banking masih pake sms ke nomor tsb, dll. Dan kalo ada wifi, masih sangat berfungsi.

    • mathsienceteacher
      June 21, 2016

      semua Hal bisa dibawa ko hhh kalo mau:). Artikle ini untuk petunjuk praktis, mengurangi kekhawatiran dan diharapkan bisa membantu kenyamanan.

  7. feni
    May 4, 2015

    Halo mba..
    Saya feni, Boleh bagi info atau email orang indonesia yg tergabung di ppi terutama di daerah tsukuba? Rencananya saya mau ke tsukuba bulan september nanti. Terima kasih

  8. novanur22
    November 22, 2014

    Jadi ingat dulu sebelum berangkat ke jepang rempongnya minta ampun.hahaha
    Btw nice info
    http://novalvi.wordpress.com

  9. indra
    October 18, 2014

    aku mau pertukaran pelajar sma ke sma sakado tsukuba univ di saitama, makasih ya infonya

  10. FIQI ALIFIA
    August 21, 2014

    Atas informasi yang sangat penting ini, hontou ni arigatou gozaimashita…

  11. fransiska
    August 6, 2014

    Halo kak erlin, salam kenal🙂
    Aku juga mau ke Tsukuba bulan Oktober 2014 utk program S2 (2th). Ini kali pertama bakal tinggal di negara org, jd ribet & bingung nyiapin apa aja hehehee😀
    Ada temenku yg pernah exchange ke nagoya dan di tokyo bilang pakaian, arloji, sepatu disana macam uniqlo, forever21, levi’s dll malah lbh mahal dibandingkan di indonesia. Bener ga yah kak? Lagi bingung mau beli disana ato disini. Apa mgkn di daerah tsukuba ada toko2 yg oke harganya ato mgkn ada thrift shop (secondhand/bekas)?

    Kak erlin tesnya uda slese kah? Ditunggu bgt artikel lanjutannya😀

    • mathsienceteacher
      August 6, 2014

      Hallo, salam kenal! Jepang gudangnya barang berkualitas. Ada saat dimana harga diskon diberikan sampai bisa lebih dari setengah harga, dgn model yg ga last season. Please, beli semua disini saja:), jangan menyusahkan diri. Tsukuba juga dekat dari Tokyo, seperti Bandung ke Cimahi🙂. Congratulation and see you!

  12. ina lestari
    July 3, 2014

    artikel yg k2nya blm ada y mbak? butuh sangat utk para calon pserta tt 2014…. makasih…🙂

  13. Gilig Guru
    January 28, 2014

    ISTRI / SUAMI sebisa mungkin dibawa, tambah bagasi 70 kg…

  14. Hatta Putra
    November 26, 2013

    coba aku baca artikel ini sebelum aku di Tsukuba.. haha😀

Leave a Reply

TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

