Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

Teacher Training Program @ Chiba University

ketika mengetahui saya mendapat beasiswa program ini, banyak teman2 yang bilang saya beruntung banget karena program ini dirancang dengan sangat menarik oleh pemerintah Jepang. Jumlah beasiswa yang diberikan cuma selisih ¥2000 dari beasiswa doktoral, tapi bebannya tidak seberat rekan2 yang sedang berjuang untuk menyandang titel Ph.D *grin*

Meskipun relatif lebih santai, bukan berarti kita bisa lantas seenaknya sih. nama negara ini yang dipertaruhkan🙂 Lagipula beredar desas-desus bahwa apabila kita menjalani program dengan baik, kesempatan untuk rekan2 guru indonesia di tahun2 mendatang akan terbuka lebih lebar. Tahun ini total ada 14 guru yang berangkat dari indonesia. Kami semua disebar di banyak kota, tergantung pilihan masing2 ketika mengisi formulir pendaftaran.

Saya sendiri ditempatkan di chiba university, di mana tahun ini chiba daigaku hanya menerima 3 teacher trainees, setelah tahun sebelumnya menerima 9 orang, jadi sistemnya sepertinya diselang2 seling. Tahun lalu tidak ada guru dari indonesia, tapi 2 tahun lalu ada, jadi kalau boleh saya tebak2 berhadiah, sepertinya tahun depan tidak akan ada guru dari indonesia🙂

Dari cerita kedua teman saya di atas, satu dari thailand dan satu lagi dari china, sepertinya peminat terbanyak ada di indonesia. kalau tidak salah dulu ketika seleksi awal ada sekitar 500 guru yg ikut, sedangkan thailand hanya 35 (yang berangkat 8) dan china hanya 40 (yang berangkat 6)

Untuk kegiatannya sendiri, 6 bulan pertama ini kami hanya dijadwalkan mengikuti kelas bahasa jepang saja, tapi sensei pembimbing saya, meminta saya untuk langsung masuk lab dan mengikuti zemi *seminar* setiap senin siang.  Perhatian ya senseinya?🙂

Perihal sensei ini memang beda2 tabiatnya. Ada teman TT 2012 yang sampai sekarang tidak masuk lab dan tidak bimbingan padahal februari taun depan sudah harus presentasi tugas akhir. Jadi saya harus bersyukur dapat sensei yang perhatian, meskipun dengan level bahasa jepang tingkat jongkok ini, saya diberi shukudai *pe er* tiap minggu untuk menerjemahkan jurnal biologi bahasa inggris, ke dalam bahasa jepang!

hail, google translator!

Oia selama 6 bulan ini, kami mengikuti kelas bahasa jepang wajib setiap hari:

1. japanese vocab n grammar 3x seminggu

2. conversation 1x seminggu

3. oral expression 1x seminggu

4. history of japanese language 1x seminggu

5. kanji 300 1x seminggu

yang mana hampir setiap pertemuan selalu ada pe er dan kuis :)))))

di luar kelas wajib di atas, kami juga wajib mengikuti 3 workshop yg diadakan sebanyak 5x pertemuan untuk masing2 workshop:

1. introduction to life in japan

2. japanese culture

3. making presentation in japanese language

seru yah…

oia somehow sensei2 yang mengajar kelas bahasa ini baik2 semua, jadi beliau2 suka menawarkan apakah kita mau ikut kelas lain yg juga mereka ajar. Seperti misalnya ada satu sensei yg karena tau saya guru biologi, jadi mengajak saya untuk ikut fieldwork environmental classnya. Iya sih bareng anak2 undergraduate,  tapi yah namanya juga belajar kan ya, ga penting lah liat titel🙂

Lalu di luar semua kegiatan kelas, kami juga disarankan mengikuti program home visit dan homestay selama 1 malam dengan keluarga jepang. Supaya kami semakin ‘dekat’ dengan budaya jepang dan juga untuk melatih kemampuan bahasa kami. Oia kalau di chiba daigaku, dalam program inj kita harus membayar asuransi sebesar ¥500 untuk home visit dan ¥520 untuk homestay.

Setelah selesai program bahasa, barulah kami dilepas ke sensei pembimbing masing2. Oia kelas bahasa ini tidak tertutup untuk peserta TT saja, melainkan dicampur dengan mahasiswa master atau doktoral, dengan level kemampuan bahasa yang sama jongkoknya dengan saya…

hahaha….

 

berhubung saya baru 1 bulan menjalani kelas bahasa ini jadi saya belum tahu akan seperti apa kondisinya selepas kelas bahasa, yang saya tahu kami diminta untuk membuat laporan akhir dan melakukan presentasi, both in japanese!  #stress

nah berhubung jarang2 dapet kesempatan belajar di jepang, saya ga mau cuma dapet pengalaman di kelas saja, saya juga mau mempelajari kondisi sosial dan budaya yang ada di sini, jadi saya mencoba ikut aktif di ppi chiba🙂

 

dan juga ikut kegiatan angklung bersama obaasan dan ojiisan pecinta kesenian indonesia. Lumayan loh mereka ini baik2 bener sama mahasiswa. Karena dianggapnya hidup kita ini taihen (baca: miskin hahahah…) jadi mereka dengan senang hati memberikan barang2 kebutuhan di asrama. Belum lg setiap latihan, pasti kita dijamu makan siang, dibungkusin makanan untuk makan malam dan dibawakan macem2 cemilan. Enak, kan?

lalu selain kegiatan2 di atas, saya juga memuaskan hobi travelling saya. Berbekal guidebook ini, sepeda dan google maps, saya berkeliling chiba seorang diri dan melihat tempat2 yang selama ini hanya saya lihat di film atau internet🙂

makanya sampai sekarang ga berhenti2nya bersyukur dikasih kesempatan ini, dan mudah2an kalau nanti balik ke indonesia, saya bisa memberikan sesuatu yang baru untuk para murid.   setuju?🙂

PS: pendaftaran untuk TT 2014 sepertinya akan dibuka akhir november, jadi bagi yang berminat, ada baiknya rajin mengecek website kedutaan jepang.

sekar wulan avatar

Sekar Wulan Prasetya
Binus International School, Serpong

One comment on “Teacher Training Program @ Chiba University

  1. cias
    December 12, 2014

    boleh nanya mbak..,waktu mendaftar kmrn smua berkas harus dlam bahas inggris y, trmasuk ijazah?
    gmn y tips2ny agar bisa lolos seleksi berkas & tulis & wawancara…?
    sy sgt trtarik dgn beasiswa ini dr SMA
    trims.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on November 1, 2013 by in Pokoknya Cerita!, Sekar Wulan Prasetya, Tentang Kampus and tagged , , .
TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

