Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

Pembekalan Bahasa Jepang di Nagoya University

nagoyaSebelum benar-benar ke program Teacher Training selama 1 tahun, kita akan diberikan pembekalan bahasa Jepang selama kurang lebih 6 bulan. Ada yang belajar di universitas yang sama dengan pilihan untuk program TT-nya, namun ada yang berbeda. Seperti halnya saya yang memilih Aichi Education University, yang “dititipkan” selama 6 bulan di Nagoya University. Sebenarnya ini kedua kalinya saya belajar bahasa Jepang di Nagoya University. Pada tahun 2005-2006 saya mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Nagoya Univ (NUPACE). Berikut ini kisah saya saat akan mengikuti program pembekalan bahasa Jepang.

Minggu lalu aku dan seluruh mahasiswa 6 month japanese course mengikuti tes kecil bahasa Jepang. Ini semacam placement test, karena bckgroud bahasa Jepang kami berbeda-beda. Ada yang masih 0 bahasa Jepangnya, ada yang lumayan dan macem-macem. Karena soalnya seputar JLPT N-3 ke bawah, bukan hal istimewa jika aku mendapat nilai sempurna. Setelah mereka tahu bahwa aku pernah setahun di Nagoya Univ, akhirnya mereka “melarangku” masuk di course 6month japanese.

Antara seneng dan sedih. Senang, berarti tingkat bahasa Jepangku lebih tinggi dari teman2 yang lain. Sedih, karena bingung akan memilih kuliah apa, dan pisah juga dengan teman-teman baru ini. Akhirnya aku hanya bisa ambil 5 kelas. Hanya ini yang bisa kuambil. Kesemuanya disampaikan dalam bahasa Jepang. Syaratnya minimal kemampuan bhs Jepangnya N-2. Mata kuliah yang kuambil yaitu :

  1. Japanese for business,
  2. Japanese literature (実は文学・万葉集に興味ないけど、Hiroyuki Sakakibara君 のために選んだ。\\(^_^)// Sebenarnya aku bener-bener ga minat dengan bidang ini yang bahas puisi lama hiks hiks, tapi demi persahabatanku dan saran dari Hiro-kun, aku pilih deh. Ganbaru!!
  3. Japanese Culture,
  4. International Relation, dan
  5. Kanji 2000 (cz kanji-nya dah pada lupa hehe).

Hari ini aku ke kantor administrasi. Dan aku baru tahu, ternyata 5 mata kuliah itu hanya ada di 2 hari (senin dan kamis). Bayangkan, aku hanya kuliah 2 hari dalam seminggu….Betapa aku akan menjadi beruang kutub yang bobo selama musim dingin…. huhu. Program diet bisa GATOT, gagal total dah.
Padahal sudah susah payah aku melampaui berbagai pagar tes untuk bisa dapat beasiswa ke Jepang. Masak ongkang-ongkang kaki ajah selama 6 bulan?

Yokatta, today aku diskusi dengan sensei penanggung jawab program kami. Alhamdulillah, mendapat pengkhususan untuk bisa ikut kelas choukai (listening), kaiwa (conversation), sakubun (writing), dan dokkai (reading) di level jokyuu (advance). Padahal kelas jokyuu punya paket tersendiri. Tapi sensei akan mengusahakan aku masuk di kelas-kelas itu.

Bismillah….semoga aku bisa masuk ke kelas itu. Tak sia-siakan waktu selama di Meidai.

About Kuma

Mantan pegawai. EO sekaligus manager di CV. Kreasi Presentasi (www.KreasiPresentasi.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 10, 2013 by in Istikumayati, Nihonggo, Pokoknya Cerita!, Tentang Kampus and tagged , , , , .
TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

%d bloggers like this: