Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

Beasiswa Teacher Training Monbukagakusho 2012 ke Jepang

Seperti dituturkan oleh Ari Mayang di blognya http://ari-mayang.blogspot.jp

pada 1 Maret 2012

Pada hari senin 13 Februari 2012 yang lalu, saya berkesempatan untuk mengikuti program seleksi tes tertulis Teacher Training (Monbukagakusho) ke Jepang.  Beasiswa pemerintah Jepang ini sangat mudah persyaratannya, apalagi ditambah dengan uang saku yang cukup wah selama tinggal di Jepang (1,5 tahun) click here.  Mulailah saya berburu alamat Pusat Studi Jepang UI, cari penginapan, hingga hunting transportasi. akhirnya ketemu juga peta UI. untuk tempat menginap saya transit di rumah kakak di Bekasi, kemudian lanjut H-2 di rumah Om di Depok (sekitar 15 menit dari kampus UI Depok).  Perjuangan saya untuk mengikuti tes ini cukup berliku, mulai dari meminta izin GM sekolah saya, izin kepsek, izin ke BKD sampai yang terakhir izin ke Bupati Sragen (karena posisi saya sebagai PNS Kabupaten Sragen).

ari mayang 1

Untuk persiapan tes, saya melahap buku-buku Longman (Cutting Edge) hingga Barons TOEIC (tak sengaja nemu di almari buku kakak saya di Bekasi). Pergi ke Jakarta juga bukan tanpa pengorbanan, tercatat saya mengeluarkan ongkos pribadi untuk mengirim transportasi (Rosalia Indah Executive Solo-Bekasi PP), hingga harus meninggalkan istri & anak-anak tercinta. namun demi ikhtiar masa depan apapun harus saya tempuh.

Di tempat kakak & Om, saya habiskan waktu hanya dengan belajar & belajar. untuk hal yang satu ini saya terinspirasi dari siswa-siswa saya yang bisa belajar di SBBS sampai jam 2 pagi !  Hingga tibalah waktu ujian tiba. sebelumnya saya rajin googling materi ujian & seluk beluk Monbukagakusho, terutama dari blog ibu Murni Ramli click here hingga hunting buku belajar cepat Bahasa Jepang. Tempat ujian siang itu (jam 13.30 wib), dipenuhi sekitar 250 kandidat. mereka terpilih dari ratusan aplicants yang lolos seleksi berkas administrasi.

ari mayang 2

Tes pun berlangsung cukup singkat, hanya 2 jam, tanpa Tes Bahasa Jepang (saya cukup surprise). Selama tes, banyak soal yang cukup rumit. meskipun bagi guru Bahasa Inggris seperti saya. namun saya pede saja mengerjakannya. Kontestan di hari itu tidak cuma dari Jakarta /Jateng saja, namun ada juga peserta dari Medan & Padang, entah ini strategi untuk menyiasati kuota / apa.

Tes pun berakhir pukul 14.30 WIB & saya harus segera kembali ke Sragen untuk bergabung kembali dengan rekan-rekan di SBBS. Sebelum pulang, Ibu lies (panitia) sempat mengatakan, pengumuman lolos tes wawancara 1 minggu sebelum tes wawancara. Wawancara sendiri menurut beliau akan diadakan pada tanggal 6 Maret 2012, berarti pengumuman akan disampaikan sekitar akhir Februari 2012.

Berdebar-debar saya menunggu pengumuman ini, apalagi sempat trauma juga ketika tes di Jakarta. tahun 2006 saya bersama istri sempat tes seleksi PNS DEPLU ke Jakarta. namun tidak lolos ke tahap berikutnya.  Saya & istri pun sudah merancang apa-apa yang harus kami lakukan ketika saya lolos ke Jepang. Seperti sekolah SD untuk Salsa (anak 1 saya), istri tinggal dimana, sampai siapa yang nanti akan mengambil gaji bulanan PNS saya. bahkan saya berencana melepas Laptop saya untuk biaya mengurus visa dll (toh nanti bisa beli Apple Mac di jepang haha)🙂

Hari Senin 27 Februari 2012 iseng-iseng saya membuka website kedubes Jepang. & saya terkejut karena ada link berjudul “Daftar Nama Peserta Wawancara Teacher Training 2012 new”.  Hati saya berdegup kencang, dan ini pertanda tidak baik. karena biasanya kalo ada sesuatu yang tidak baik akan datang, biasanya insting saya langsung bekerja (pernah ketika mengendarari mobil di jalan raya wates tiba2 jantung saya berdegup sangat kencang, ternyata di ujung jalan ada polisi menyetop & menilang saya – karena menginjak marka).

Sewaktu ditelpon pihak Pusat Studi Jepang bahwa saya lolos menuju tes tertulis keadaan saya sangat tenang & santai, karena sudah yakin dapat insting baik, berbeda dengan insting saya kali ini. Dan benar juga, ketika saya klik link tersebut click here, saya pelototi daftar nama yang lolos, nomor 1-16, Dari atas sampai kebawah…tak percaya. maka saya ulangi lagi membaca dari atas. begitu terus. sampai akhirnya saya sadar, Alloh belum mengizinkan saya. kecewa & remuk pasti, namun tak bijak jika terus meratapi kegagalan. apalagi sampai menuduh yang tidak-tidak pada panitia (sempat juga bersuuzon astaghfirulloh)… namun apa yang terjadi biarlah terjadi saya tetap harus menerimanya.

Pada akhirnya, selamat kepada para kontestan yang terpilih untuk tes wawancara di Kedubes Jepang hari selasa 16 Maret 2012 nanti. God be with u. Untuk menutup cerita saya ini, saya hanya bisa mengambil 2 inspirasi:

1. Alloh pasti mengetahui jalan yang terbaik bagi saya, apapun itu

2. Mengutip dari mantan Rektor UNS yang pernah curhat seputar beliau gagal & teman sekelasnya gagal di ujian akhir kuliah. tapi beliau tetap berkhusnuzon pada Alloh. akhirnya di saat-saat terakhir teman-temannya tiba-tiba berhamburan ke kost beliau untuk mengabarkan, bahwa beliau satu-satunya mahasiswa yang lolos ujian (ada revisi). mungkinkah ini terjadi pada say? biar Alloh yang mengatur🙂

ari mayang 3At last well done for the candidates… & maju terus Guru Indonesia !!!

NB:
Terima kasih tak terhingga untuk mas Danang, mbak heni, falah, alia di Bekasi juga om sam, istri, mbak ana, mas dullah, mas arif di Depok (yang rela mengantar saya jemput saya waktu ujian di UI Depok)…i love u all!

One comment on “Beasiswa Teacher Training Monbukagakusho 2012 ke Jepang

  1. Yati Widyastuti
    April 10, 2014

    mas waktu tes tertulis, ngerjain jg tes matematika…. ???????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 9, 2013 by in seleksi and tagged , .
TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

%d bloggers like this: