Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

Rangkuman Orientasi di Konjen Jepang Surabaya

isti

Rangkuman orientasi di konjen Jepang Surabaya, 17 September 2013
oleh Istikumayati, TT 2013

  1. Kita harus pinter-pinter jaga diri. Harus mematuhi segala aturan yang berlaku di Jepang.
  2. Jika ada hal-hal yang bertentangan dengan prinsip mendasar, ungkapkan/informasikan dengan cara yang baik. Misalnya ketika disodori makanan-minuman haram, informasikan sedini mungkin, supaya Anda pun enjoy.
  3. Ketika perkenalan, berikan nickname Anda yang paling mudah diucapkan oleh orang Jepang. Antara lain, jangan ada konsonan mati selain N.
  4. Banyaklah bergaul dengan orang sebangsa, bangsa Jepang atau bangsa-bangsa lain. Karena sukses Anda juga bergantung dari lingkungan Anda. Paling penting, jaga hub baik dengan sensei. Jangan sekali pun berbohong, ntar kayak kartu domino deh.
  5. Ketika sudah masuk research (program TT), sering-seringlah ke LAB sensei. Di situ Anda bisa bertukar banyak hal, baik akademisi, kesulitan study hingga permasalahan sehari-hari. (Smoga senseinya tipe orang yg warm ya…)
  6. Pesan Konjen, Mr. Nomura. Sebelum Anda belajar tentang Jepang, Seyogyanya Anda belajar mengenal budaya dan
    angsa Anda sendiri. Karena bisa jadi akan muncul berbagai pertanyaan seputar Negara Anda di sana. (Saya sempat ditanya secara pribadi, “siapa menteri LN sekarang?”…..duink…kalo wajahnya sih tahu, sering liat di TV. Tapi, nama??? So, kita harus prepare juga pengetahuan tentang suku, kerudung, Islam dll kali ya…
  7. Jangan malu bertanya. Contohnya, ttg penggunaan toilet yang ada di Jepang. Mulai dari yang paling tradisional hingga yang tercanggih. Ga mungkin kan, Setelah masuk, lalu keluar lagi dari toilet trus tanya penggunaan berbagai tombol yang ada. Hehe… Ntar salah pencet, keluar air panas nyemprot kemana-mana. Belum lagi toilet yang ada bunyi-bunyinya (biasanya toilet wanita).
  8. Toilet Jepang adalah toilet kering. Bagi yang blm terbiasa, jangan pernah lupa bawa wet tissue ke manapun pergi. Untuk wudhu, kita bisa hanya mengusapkan air yang ada di wastafel ke kaki.  Jangan angkat kaki ke wastafel ya. Hehe… Air jangan sampe nyiprat-nyiprat. Oh ya, di Jepang kita ga mandi pake gayung ya. Asyiknya, bak airnya bisa kita masuki. Hehe… berendam, sambil latihan renang wkkwkwk..
  9. Untuk perkenalan dengan orang Jepang di awal-awal. Usahakan jangan menanyakan hal-hal privat seperti : usia, hari ultah, kenapa udah tuir ga nikah-nikah, alamat, telpon dll. Apalagi no rek bank dan paswordnya. Jika Anda sudah akrab sikon oke, baru deh silakan bertanya.
  10. PUJIAN. Ehm…, ternyata hal sepele bisa juga jadi masalah. Memuji “Wah, Anda hari ini cantik ya… (Emang kemarin ga cantik ya?? :P) “Kyou wa kirei desu ne”, yang diucapkan seorang laki-laki ke wanita Jepang, juga bisa jadi sex harassment. Ada pengalaman teman yg mengatakan demikian ke rekan satu LAB. Dan respon si wanita adalah, “Emangnya kamu mau menikah dengan aku?)…Wah wah, bagi bapak2 yang dah merit bisa jadi perang dunia ke-3 ya….

Sekian dulu, kalo teman2 Pak Sony, Bu Moresta dan P Gilig ada tambahan monggo ditambahkan. Dan mohon sharing juga orientasi di Jakarta tanggal 20 nanti. Untuk foto, kami masih harus menunggu dikirimi via email oleh staff Konjen Jepang Sby.

Bersama seluruh penerima beasiswa monbukagakusho all program dari Jawa Timur, di kediaman Konjen Jepang Sby, Mr. Nomura.  17 Sept 2013

Bersama seluruh penerima beasiswa monbukagakusho all program dari Jawa Timur, di kediaman Konjen Jepang Sby, Mr. Nomura. 17 Sept 2013

About Kuma

Mantan pegawai. EO sekaligus manager di CV. Kreasi Presentasi (www.KreasiPresentasi.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 24, 2013 by in Istikumayati, Tips and 'how to', TT 2013 and tagged , .
TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

%d bloggers like this: