Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

Gereja di Saijo, Higashi-Hiroshima

Bagaimana cara menemukan gereja di Saijo, Higashi-Hiroshima ~ pengalaman pribadi.

 Selama sekitar 3-4 minggu pertama di Saijo, saya tidak pergi ke gereja (kyoukai 教会). Gereja adalah salah satu hal pertama yang menjadi pemikiran saya sejak saya mengetahui bahwa saya akan berangkat ke Jepang. Beberapa hal yang saya lakukan adalah:

1. Hal pertama yang saya lakukan waktu itu adalah browsing di internet mengenai gereja. Waktu itu saya mencari di kota yang saya harap untuk diterima (bukan di Hiroshima). Saya cukup merasa lega karena ternyata ada gereja di kota tersebut. Ketika saya tahu kalau saya diterima di Hiroshima, saya pun mencari kembali di internet namun entah kenapa waktu itu hasilnya kurang memuaskan. Walaupun demikian tanpa saya sadari saya sempat menemukan sebuah blog dari mahasiswa asing yang pernah bergereja di gereja saya sekarang, Megumi Church (Megumi Kyoukai めぐみ教会).

2. Kemudian ketika di hari-hari pertama saya mendaftarkan diri di balai kota (shiyakusho), semua orang mendapatkan satu paket yang berisi informasi yang perlu diketahui orang asing yang baru datang di Saijo, salah satunya adalah peta kota. Di peta kota tersebut saya mencoba mencari lokasi gereja yang tertera di situ. Namun karena sebagai pendatang baru yang belum tahu seluk beluk jalan di Saijo dan setelah melihat di peta ternyata lokasi agak jauh dan saya tidak mempunyai motivasi yang cukup besar untuk pergi dan mengeksplorasi lokasi tersebut.

3. Komunitas PPI Hiroshima yang saya turut bergabung ketika akan berangkat ke Saijo cukup membantu saya untuk menemukan teman-teman Indonesia yang seiman. Sampai September 2012, kebetulan ketua PPIH waktu itu seiman dengan saya sehingga beliau memasukkan saya ke dalam grup PD Hiroshima (Persekutuan Doa Hiroshima ~ grup komunitas Kristen Indonesia di Hiroshima). Waktu itu saya sempat menanyakan lokasi gereja di situs facebook PD Hiroshima. Beruntungnya ada salah satu pendatang baru seperti saya yang merespon dan kami saling bertukar nomor telepon. Beliau ternyata sudah berkunjung ke salah satu gereja di Saijo dan beliau waktu saya kontak akan berkunjung ke gereja lainnya di Saijo di minggu berikutnya. (Cerita ini akan bersambung dengan cerita di poin 4)

4. Di semester pertama program TT, para peserta akan diberikan Japanese Intensive Course. Di kelas tersebut peserta TT dari berbagai negara akan sama-sama menerima pelajaran dan menjadi teman sekelas selama kurang lebih 4-5 bulan. Di awal perkenalan para guru-guru yang mengajar di course ini, saya mengetahui bahwa salah satu sensei beragama Kristen. Saya mencoba bertanya kepada beliau mengenai lokasi gereja di Saijo, namun mungkin karena beliau tidak berdomisili di Saijo, beliau mengusulkan agar saya bertanya kepada petugas administrasi yang mengurus mahasiswa asing. Waktu itu saya belum sempat bertanya kepada petugas tersebut. Namun lewat percakapan dengan teman saya dari Filipina yang ternyata diajak oleh teman saya dari India, saya akhirnya pada minggu tersebut pergi ke Megumi Church. Bagaimana caranya saya pergi ke sana? Ternyata Megumi church menyediakan pelayanan mobil antar jemput untuk jemaatnya. Setiap minggu mobil tersebut akan menjemput jemaat sesuai dengan permintaan telepon. Jadwalnya adalah mobil akan tiba di stasiun Saijo (Saijo-eki) untuk menjemput bila ada jemaat yang menunggu, kemudian akan berkeliling ke tempat lain dimana jemaat lain menunggu dan kemudian biasanya sebelum jam 10.30 akan tiba di gereja. Namun waktu itu teman India saya yang menginformasikan kepada pihak gereja sehingga saya dan teman Filipina saya bisa diantar-jemput dari International House. Waktu itu saya bertemu juga dengan teman Indonesia yang saya kontak di poin 3 di atas.

Berikut ini adalah nama dan alamat beberapa gereja di Saijo & Hiroshima city:

 1. Megumi Church

  •  Tipe gereja : Kristen protestan / baptis / pantekosta
  • Telepon : 082-422-6552
  • Website: http://www.megch.com/English/MEGCH/index.html
  • Bahasa: Jepang & Inggris (bilingual)
  • Jam kebaktian:
    • Umum : hari Minggu jam 10.30 – 12.00 (dilanjutkan dengan makan siang (150 yen) atau boleh langsung pulang)
    • English gospel  : setiap hari Minggu pertama setiap bulan jam 17.00-18.00
    • Bible study (dalam bahasa Inggris) : setiap hari Jumat jam 19.00-21.00 di rumah salah satu jemaat (dekat International House)

Cara pergi ke sana : minta dijemput
Kelebihan :

  • Menyediakan layanan antar jemput (harus telepon dulu dengan bahasa Jepang, namun pastornya, namanya Pastor Kato bisa sedikit berbahasa Inggris) Jangan ragu-ragu untuk menelpon walaupun belum PD dengan bahasa, maju saja.

    Tips percakapan telepon untuk meminta jemputan (belum di cek 100% soal keakuratan grammar, namun untuk bisa untuk tersampaikannya maksud dan tujuan komunikasi hehehe) :

    moshi moshi. ohayou gozaimasu. watashi wa <nama> desu.
    kyoukai ni ikitain desu. <nama tempat, contoh international house= kokusai koryuukaikan> ni mukae ni kite dekimasuka?
    arigatou gozaimasu.

    Jawaban  yang mungkin diterima.
    Mungkin pihak di sana akan memberitahukan jam berapa mereka akan jemput. Biasanya antara jam 10-10.20 pagi.

  • Menyediakan headset untuk orang asing bisa mendengarkan terjemahan kebaktian dalam bahasa Inggris
  • Banyak mahasiswa asing dari Hiroshima University

2. Midori no Makiba Church (Midori no Makiba Kyoukai)

  •  Tipe gereja: Kristen protestan / baptis
  • (informasi akan diperbaharui setelah penulis berkunjung ke gereja ini)

3. Higashi Hiroshima Catholic Church

  •  Tipe gereja: Katolik
  • Alamat : 739-2115, Higashihiroshima-shi, Takayatakamigaoka 5-5-10824-39-0520
  • Website : tidak ada
  • Bahasa: Jepang

Cara pergi ke sana :
Dari stasiun saijo (Saijo-eki) naik kereta hari Minggu jam 8.21 bayar 180 yen, turun di stasiun Nishitakaya. Dari Nishitakaya ada mobil yang mengantar ke gereja.

(informasi akan diperbaharui setelah penulis berkunjung ke gereja ini pada tanggal 18 Agustus 2013 nanti)

4. The Diocese

 (informasi akan diperbaharui setelah penulis berkunjung ke gereja ini)

6 comments on “Gereja di Saijo, Higashi-Hiroshima

  1. Phoe Prehantoro
    August 10, 2013

    lengkap amir infonya, sampe cara menuju ke sana juga dikasih.. sip.. sip.. btw, fotonya dong.. biasanya kan gereja jepang asik2 tuh.😀 di sini ada gereja (katolik mungkin) bergaya rusia.

    • Viv
      August 11, 2013

      ok..lupa, pak

  2. Kang Ash
    August 9, 2013

    komprehensif🙂

  3. morestavirgorini
    August 9, 2013

    Reblogged this on morestavirgorini and commented:

    God has provided me with everything i need even before i ask Him in my prayers…from now on i’m sure He will always be there for me. thanks Jesus.

  4. morestavirgorini
    August 9, 2013

    wah benar2 informasi yg sangat berguna mbak viv…saya jg kepikiran soal gereja d sana saya coba cek d internet tp ga ketemu hehehehe… oktober nanti jadi bisa lsg ke greja deh…thanks God.

Leave a Reply

TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

