Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

Golden Week @Hiroshima City

お待たせしました。Omataseshimashita. Terima kasih sudah menunggu.

Setelah berbulan-bulan ‘didorong’, diingatkan, di-encourage, dikirimi pesan, diberikan illustrasi guru dan murid oleh Kang Mas Ashari, akhirnya tulisan pertama saya di blog Teacher Training Ceria ini muncul juga. Omataseshimashita! Haha ^___^ (untuk berbagai alasan keterlambatan menyumbang artikel akan dibahas di tulisan lain)

Hari ini tanggal 5 Mei 2013 adalah salah satu hari dalam deretan libur panjang di Jepang yang disebut Golden Week atau bahasa Jepangnya Oogatarenkyuu 大型連休. Golden Week ini dimulai dari tanggal 29 April yang adalah hari Showa (hari ulang tahun kaisar sebelumnya), 3 Mei hari peringatan konsistusi, 4 Mei hari penghijauan, dan 5 Mei hari anak-anak. Khusus untuk tahun 2013 ini, karena tanggal 5 Mei jatuh pada hari Minggu, maka hari Senin dijadikan tanggal merah. Ini adalah kebijakan hari libur di Jepang. Bila tanggal merah jatuh di hari Minggu, maka hari Seninnya menjadi hari libur. Oleh karena itu banyak hari Senin yang menjadi tanggal merah.

Di kota Hiroshima, pada tanggal 3-5 Mei diadakan Flower Festival. Saya dan kawan-kawan pergi di tanggal 3 Mei. Pada hari itu banyak sekali orang yang datang mengunjungi Hiroshima city dari Saijo (pinggir kota dimana saya kuliah, yang jaraknya 1 jam naik bis atau 40 menit naik kereta) sampai-sampai bis penuh dan kami terpisah menjadi 2 rombongan.

DSCN5486

DSCN5480

Festival bunga mulai setelah jam 12-an, di area sekitar Peace Memorial Park. Pot-pot bunga banyak diletakkan di taman tersebut dan area sekitarnya dengan berbagai macam disain burung-burung origami versi besar. Parade dimulai setelah tengah hari. Banyak orang yang berpartisipasi di parade tersebut, namun kebanyakan adalah bagian dari promosi dari berbagai macam sekolah tari, dansa, aerobik, marching band, dan yang sejenisnya. Mereka menampilkan tarian-tarian dengan kostum yang beragam, mulai dari yang pakaian senam, pakaian biasa, sampai yang berwarna-warni dan heboh.

DSCN5416

DSCN5442 

Untungnya parade itu juga menampilkan orang-orang dengan pakaian khas Jepang seperti penabuh drum, ibu-ibu berpakaian kimono, orang-orang berpakaian tradisional dan membawa rangkaian bunga yang super besar sampai melambai-lambai ke bawah. Namun secara keseluruhan festival bunga tersebut adalah acara untuk meramaikan Golden Week dan menarik pengunjung ke Hiroshima. Mungkin bagi sebagian orang judul “Flower Festival” menimbulkan arti yang berbeda untuk mereka yang mengharapkan melihat berbagai macam bunga. Sehingga bagi mereka mungkin festival ini tidak memenuhi harapan dan tidak terlalu banyak budaya yang ditampilkan. Namun pastinya banyak berbagai makanan yang dijual seperti takoyaki, cumi-cumi panggang dengan saus, kentang goreng, dan juga stand menangkap ikan yang digemari anak-anak.

DSCN5477

Satu hal lain yang saya perhatikan adalah adanya gadis-gadis yang memberikan lembaran-lembaran kertas origami kecil (kurang lebih ukuran 5 cm x 5 cm) untuk para pengunjung yang bersedia melipatnya menjadi origami burung. Ini adalah salah satu aksi untuk mempromosikan perdamaian yang mengingatkan pada kisah Sadako Sasaki dan 1000 burung kertasnya.

DSCN5508

Kesimpulannya hari itu saya merasa senang karena bisa melihat dan menikmati Festival Bunga di Hiroshima.

DSCN5496

One comment on “Golden Week @Hiroshima City

  1. ni_lashaa
    May 5, 2013

    Thanks for sharing, waiting for next experience..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

%d bloggers like this: