Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

Nulis di FB dan Blog, Dochira ga ii desuka ?

blogAda perbedaan posting di FB (atau media sosial lain) dan di blog namun bukan artinya  salah satu lebih baik dari yang lainnya, keduanya memang punya tujuan yang berbeda. Social media berfokus pada “whats happening now ” saat posting seperti bisa kita lihat di status dan twit, sementara blog berfokus pada artikel.

Supaya perbedaannya kentara, yuk kita sedikit eksperimen.

Coba deh buka facebook lalu lihat apa aja sih status pentingmu 3 tahun yang lalu. Sedikit ribet ya ! scrolling kebawah, plus nunggu loading. Dalam sebuah blog kita punya alat untuk menentukan sebuah artikel masuk kategori apa. Misalkan “nihonggo”, maka kita bisa menampilkan semua artikel tentang bahasa jepang dengan mudah. Kategori ini juga bisa dibuat punya hirarki, misal di kategori “nihonggo” kita buat sub kategori “perkenalan”. Analoginya kalau blog itu ada daftar isinya jadi lebih mudah untuk mencari artikel. Selain itu blog juga punya fasilitas tag, search, archieve, dan teman-temannya yang mendukung pencarian artikel. DAN salah satu yang paling penting adalah artikel yang kita tulis diindex oleh google dan seach enggine lainnya sehingga kalau di search di google bisa muncul.

facebook iconSekali lagi, saya nggak bilang bahwa blog lebih bagus dari FB ya. FB punya kekuatan untuk “menjangkau pembaca” yang sangat hebat dan kecepatan penyebaran berita dengan kecepatan yang fantastis, ini tidak dimiliki oleh blog.

Jadi idenya ya, bagaimana kita nikahkan saja dua insan ini sehingga hubungan mereka sah, menjadi ikatan yang sakinah. Gimana caranya ? kita pakai alat yang namanya “publicize” setiap posting di blog bisa langsung dikirim linknya ke FB, Twitter, dan beberapa sosial media lainnya. Saling melengkapi dengan sangat “klik”.

Jadi jika ibu / bapak punya artikel yang bagus yang sekiranya bermanfaat, menurut saya lebih baik dituliskan di blog. Karena sayang kalau dituliskan hanya di FB, maka 10 tahun lagi artikel itu tependam dan tidak ada yang mengakses.  foto – foto eksis di jepangnya 5 bulan lagi susah diakses. Setelah dituliskan di blog baru di publikasi ke sosial media.

Itu sedikit perbedaan antara posting di FB dan Blog, perbedaan yang bisa saling melengkapi. Nah, saran saya supaya lebih indah lagi adalah : Bagaimana kalau Ibu / Bapak  juga posting di blog bersama kita ini, terutama jika itu artikel tentang  eksis dan narsisnya kita di jepang. Dengan demikian pembaca puluhan tahun yang akan datang akan lebih mudah mendapatkan informasi dan kita pun dapat meluaskan jaringan kita di komunitas pendidikan Indonesia sehingga niat kita untuk satu hati dan satu semangat untuk menginspirasi bisa satu langkah lebih dekat .

Bisa posting artikel bermutu, sambil baca artikel bagus, sekaligus mendapatkan saudara baru dan saling bantu, juga eksis sampai 50 tahun lagi (seperi rafi-yuni ya).  Burogu de 書きますよ  !

Kang Ash, maret 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 15, 2013 by in Mohamad Ashari, TT 2012 and tagged , , .
TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

%d bloggers like this: