Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

Berapa Besar Baggage ?

Waduh bagian yang ini sempet bikin pusing  juga nih soalnya karena  berasa bakal lama di jepang, jadi perasaan pengen bawa rumah dan seisinya. Kalau muat mungkin tukang nasi padang juga bakal di boyong.

Nah, sebenernya berapa besar sih ukuran bagasi yang boleh dibawa ? Jawaban pertanyaan ini sebenarnya bergantung dari berangkatnya pakai maskapai apa. TT 2012 mayoritas pakai Japan Air Lines (JAL) jadi yuk kita lihat ketentuan JAL tentang bagasi untuk International Flight.

ketentuannya ada disini :   http://www.jal.co.jp/en/inter/service/bag/

Tapi entah mengapa dulu sih walau sudah lihat ketentuan resminya, perasaan masih belum tenang. Inginnya lihat langsung bentuk kopernya segimana dllnya. Well,.. tenang karena kami senpai (senior) yang baik yang siap menolong dan berbagi.

PERTAMA

Ada 2 kategori barang bawaan : Kabin dan Bagasi.

Kabin : yang boleh di bawa 1 tas ransel dan 1 tas jinjing. Usahakan ransel jangan terlalu besar (bukan ransel carrier) karena nantinya harus bisa masuk ke tempat penyimpanan barang, besarnya seukuran ransel ukuran anak sekolah. Tas jinjing biasanya buat para ibu guru dengan perlengkapan tempur maha lengkap mereka atau tas kamera kalau yang mau bawa DSLR kesayangan.  Teman kita Pak Budi Harjo sang penulis buku “Dasar-Dasar Bahasa Jepang ” yang sangat baik hati bagi-bagi buku gratis, malah masuk kabin bawa satu kresek penuh makanan ringan dan dengan santainya melewati pos pemeriksaan. Memang beda ya yang sudah biasa keluar negeri sama yang baru pertama kali🙂

Bagasi : Untuk dibagasi kita boleh bawa 2 koper (baca lagi aturannya). Nah saya termasuk yang terlalu strict mengikuti aturan walhasil saya cuma bawa 2 koper kecil nan imut sementara TERNYATA ibu-ibu bawa koper segede-gede gaban 2 biji. Rugi banget saya,.. ransum Indomie cuma dikit !!   Just make sure masing-masing koper beratnya nggak melebihi 23 kg  (ini yang penting).

KEDUA

Untuk barang kabin,  PASTIKAN barang seperti cutter/gunting/pisau lipat semuanya masuk di bagasi dan tidak masuk di kabin (pasti disita di pos pemeriksaan) TERMASUK benda cair yang volumenya besar. Parfum taruh di bagasi, air minum tinggal aja nanti dikabin dikasih minum kok ! bisa nambah lagi (kalo ngga malu), korek api tinggal aja atau masuk bagasi.

KETIGA

Laptop dan elektronik lainnya sangat disarankan masuk kabin karena kalau di bagasi kemungkinan barang di lempar-lempar, bahaya. Laptop saya windows bajakan nih, apa-apa nggak ya ? Kami sempat didera isu windows harus original sampai ada yang niat ganti operating system (OS) dan bawa mentahan di HD portabel (ketauan tukang ngebajak nih !), ternyata (dalam kasus kami) ngga apa-apa, tidak ada pemeriksaan OS. Jadi tenang aja, taro tas berisi laptop di mesin scanner x ray dan tetap tersenyum.

DAN TERAKHIR ..

Lihat foto kami yang baru saja sampai di Narita Airport. Ok memang muka sedikit ‘lecek’ dan bersinar berlebihan (berminyak maksudnya) setelah 8 jam Jakarta – Tokyo,  tapi jangan liat mukanya… lihat barang bawaannya !

IMG_1765

keyword :  1 tas ransel, 1 tas jinjing, dan 2 koper segede gaban.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 13, 2013 by in F.A.Q, Mohamad Ashari, persiapan, Tips and 'how to' and tagged , , .
TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

%d bloggers like this: