Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

What Should I Bring ?

travel bag” Apa aja sih yang perlu saya bawa ? ” pertanyaan ini bisa jadi pertanyaan yang muncul di kepala kita begitu kedubes mengkonfirmasi keberangkatan kita.  Pada dasarnya hidup di jepang sangat ‘convenient’  kalau di indonesia ada banyak minimart dan hypermart, disini juga banyak. Tinggal tantangannya cuma 2 :  pertama uangnya ada apa ngga; kedua kalau uangnya ada belanjanya gimana. Karena bulan pertama kita masih mengandalkan uang yang kita bawa dari indonesia,  masa awal hidup di jepang kadang ada perasaan tidak rela kalau harus beli mie instan 98 yen ~ 9800 rp atau beli seikat sayur harganya 10rb rp. Berikut saran dari kami, let us help to ease your mind..

MUST BRING

1. Dokumen :  Paspor, Visa, Tiket  ( ini ga usah dibilangin ya lagi )

2. Uang dalam bentuk yen.  Berapa banyaknya ?  menurut pengalaman kami  minimal 60.000 yen, kita list ya kebutuhannya supaya lebih detail

  • beli futon 7000 yen (biasanya futon tidak disediakan)
  • Biaya bis dari bandara (bergantung jarak dll, biasanya diinformasikan oleh supporter kita via email)
  • Konsumsi dll sekitar 20.000 yen berkurang bergantung bekal makanan dari indonesia)
  • Deposit Kaikan (asrama) dan biaya masuk  sekitar 20.000 yen

Kebutuhan untuk apply telepon bisa kita pending sampai bulan berikutnya, sedangkan bayar sewa kaikan, listrik dll biasanya di charge diakhir bulan setelah kita menerima uang beasiswa pertama.

Pengalaman saya sih, ijasah tidak digunakan tapi pas foto kita perlu untuk kartu mahasiswa.

TIPS : Tukar uang dari rupiah ke yen jauh-jauh hari sambil memperhatikan kurs. Kalau sudah ‘mepet’ kita terpaksa harus menerima kurs yang kadang kurang menguntungkan dan belum tentu semua money changger punya stok yen saat itu.

3. Uang dalam bentuk rupiah. Lho buat apa ? pertama buat bayar airport tax di bandara soekarno hatta kami kena tax Rp 150.000, silakan cek rate terbarunya siapa tau sudah berubah. Kedua, keperluan transport nanti pas kembali ke rumah tercinta di Indonesia (atau bawa kartu ATM). Saya meninggalkan semua kartu ATM di Indonesia, untungnya ada bekal rupiah (atau nanti yen jika terpaksa ditukar) yah cukuplah untuk ongkos bis dari bandara ke Bandung.

HIGHLY RECOMENDED

1. Electronics

Ingat bahwa listrik di jepang tegangannya 110 Volt dan power outletnya beda colokan. Untuk laptop atau peralatan listrik yang pakai adaptor biasanya tidak masalah (cek rentang input adaptor) tapi kalau mau bawa peralatan lain, cek voltase inputnya.

  • Laptop, ini bakal jadi media komunikasi utama dengan keluarga juga info2 dari kampus biasanya via email
  • Colokan gepeng. Beli di indonesia akan jauh lebih murah, di borma hanya 2.000rp. Pastikan dicoba dulu karena beberapa colokan (misal laptop) kadang terlalu besar untuk colokan gepeng “ekonomis” yang cuma 2000rp. colokan gepengEkstension cord disini banyak (cari di daisho) sekitar 100-200 yen
  • PENTING : kabel jaringan. Tiap kaikan berbeda, ada yang internetnya pakai wifi ada juga yang pakai  kabel jaringan. Nah buat jaga2 bawa kabel ini supaya begitu sampai bisa langsung mengabarkan ke keluarga.
  • Kalau yang bawa tablet/ipad (wifi) pertimbangkan juga beli modem wifi, disini banyak tapi modem baru harganya mahal dibandingkan harga indonesia (kecuali kita sabar searching di toko second)
  • Kamera. taisetsu desune… Momen awal menginjakan kaki di negara lain pastinya banyak fenomena yang ingin diabadikan. altenatifnya ada 2 : bawa kamera sendiri atau selalu dekat dengan teman yang bawa kamera.

2. Perlengkapan Winter, karena kita berangkat di akhir musim gugur maka perlengkapan winter perlu disiapkan.

Kenapa direkomendasikan  bawa dari indonesia ? karena kalau beli disini mahal !!! walaupun uang beasiswa pastinya sudah kita terima, cuma sayang aja. Tapi sebelum itu cek dulu posisi di jepangnya apa daerah utara atau selatan. Makin ke utara makin dingin jadi sangat mungkin perlu dobel jaket dll.

Winter Basic :  jaket, sweater, syal,  sarung tangan, celana tebal (biasanya dobel layer)

  • Jaket pilih yang tebal usahakan yang ada tutup kepalanya karena telinga bagian yang paling menderita kalau dingin. Jaket standar disini harganya (baru) sekitar 3000 yen
  • Sweater,  pilih yang tebal. Setiap kuliah semasa musim dingin kita otomatis selalu pakai sweater jadi kalau mau terlihat beda (baju nggak itu-itu aja selama 4 bulan) pertimbangkan untuk bawa beberapa sweater.
  • Sarung tangan disini yang bagus (hangat) harganya 2000 yen, yang “decent” 1000 yen, jadi sisarankan beli di indonesia. Sarung tangan kulit efektif, jangan beli sarung tangan wool yang tipis karena pasti tidak akan berguna.
  • Syal pilih yang tebal dan panjang
  • Celana panjang tebal (buat para bapak guru nih) disini harganya 2000 yen, di toko perlengkapan rumah ada yang ‘ekonomis’ 1000 yen. Alternatifnya adalah (termasuk buat para ibu guru) : dobel dengan leggings tebal, di sini legging harganya 1200 yen.

Diluar itu sepatu boot buat yang di daerah bersalju tebal sih optional, disini harga boot yang standar sekitar 3000 yen diawal musim dingin diskon jadi 1800 yen di akhir musim dingin. Menurut saya pribadi sih, bawa boot dari Indonesia kurang praktis, tapi itu pilihan.

RECOMENDED

1. Bawa uang koin 100 / 500 / 1000 rp. Kadang kita akan kunjungan ke sekolah, nah item ini berguna banget buat ngasih ke anak-anak. Dijamin akan sangat berkesan.

2. perlengkapan masak. wajan yang layak disini sekitar 1000 yen, pisau bisa beli di daisho/100 yen shop. Beberapa TT 2012ers merekomendasikan happy call.  Rice cooker kemungkinan harus beli disini, saran saya cek dulu ke toko recyle untuk beli yang second (secondnya jepang masih bagus) magic jar second kecil sekitar 3000 – 5000 yen

3. Setrika. Listrik di jepang 110 volt jadi kalau mau bawa setrika dari indonesia pastikan yang bisa dual voltage. travel iron merk philips di indonesia harganya 350.000 rp, disini setrika juga banyak harganya dari 2.500 yen (kalau di toko second bisa lebih murah) . Artinya setrika bisa beli disini cuma nanti nggak praktis kalau mau dibawa balik ke Indonesia.

4. Souvenir kalau mau memberi hadiah perkenalan buat sensei

5. Payung. Disini payung yang bagus harganya 900 yen namun ada juga yang murah meriah 200 yen (tapi cepat rusak)

6. Sepatu yang nyaman. Karena jarak kampus ke asrama biasanya dekat dan awal-awal kita biasanya aruku (jalan).

TIPS BUAT PARA IBU GURU

Bu Nisa memberikan tips ini nih buat para ibu guru inspiratif yang akan berangkat.

” Khusus perempuan, bawa pembalut..lotion/pelembab muka juga jadi masalah…buat saya, alih2 nyiapin bawa lotion muka berlebih,ternyata kadar pelembabnya kalah jauh sama negeri 4 musim ini.

Tapi,khusus make up,sebaiknya bawa versi lengkap dari indonesia,plus dicek kadaluarsanya…. “

Kira-kira itu barang-barang perlu dipersiapkan versi minimalis, jadi sebenarnya tidak terlalu ribet.  Setelah baju dan perlengkapan pribadi, sisanya penuhin sama ransum makanan ! bumbu2 instan, cabe kering, mie instan, pokoknya segala macam makanan deh soalnya belanja di supermarket untuk awal-awal bakal membingungkan bagi yang belum bisa bahasa jepang/kanji.

Have fun packing !

cek juga : [berapa besar baggage?] [apa aja yang ngga perlu dibawa]

One comment on “What Should I Bring ?

  1. ni_lasha
    March 11, 2013

    khusus perempuan, bawa pembalut..lotion/pelembab muka juga jadi masalah…buat saya, alih2 nyiapin bawa lotion muka berlebih,ternyata kadar pelembabnya kalah jauh sama negeri 4 musim ini. Tapi,khusus make up,sebaiknya bawa versi lengkap dari indonesia,plus dicek kadaluarsanya….
    anyway…keren nih kang ashari,very useful…inget masa lalu, susah banget nyari link tentang persiapan barang ke jepang…great topic to be issued!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 10, 2013 by in Mohamad Ashari, Nissa Maulia, persiapan and tagged , , .
TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

%d bloggers like this: