Teacher Training To Japan

ONE HEART, ONE SPIRIT, TO INSPIRE

Welcome Inspiring Teachers, Ayo Bareng Jadi Kontributor..

Teacher Trainees, yokoso, selamat datang di blog bersama  kita…
よろしくおねがいします !

Gimana nih pengalaman di tempat masing-masing ? pasti unik-unik ada yang manis dan ada yang sedikit asem. Rencana kita untuk buat buku insyaallah kita jadikan, minimal-minimalnya satu buku ‘How To’ yang bisa mencerahkan hati yang gundah gulana resah gelisah karena bingung harus bawa panci atau nggak ke jepang.  E-book mah pasti bisa.  Salah satu langkah memulainya adalah mengumpulkan dengan potongan-potongan cerita, pengalaman, dan ide di blog ini, kami minta ijin copas ya dari akun fb masing-masing..

Kami sangat mengerti bahwa nggak semua orangnya suka nulis atau punya keluangan kesempatan untuk nulis, its 100% OK.. ga apa-apa, sebisanya aja toh ini project keroyokan. We are very sure that we can help each other.  Dengan sekitar 14 orang TT pertahun yang artinya 14 penulis baru penuh kreatifitas per tahun,  kita harus sadar juga sangat yakin akan ada tantangan yang hebat untuk bisa  memuaskan idealisme TT-ers, yang pasti, kita coba dulu ya !

Untungnya kita punya Pak Phoe di TT 2012 (dan tentunya suksesor-suksesor tahun berikutnya) yang emang spesifikasinya hobi masalah human relationship dan nulis, tulisan bapak kita yang satu ini selalu punya judul yang heboh dan rangkaian kata yang bisa menguras emosi dan sumur tetangga sampai kering. Tapi mau gimanapun saktinya pak phoe dengan sumpah palapa dan buah simalakamanya (ada tulisan dia tentang ini) tetap nggak akan bisa berbuat banyak karena sumber berita dan cerita original ada di jaringan neuron dan dendrit kita-kita. jadi seperti apa yang selalu di bilang Pak Tarno…

” mohon dibantu ya…. “

Cara bantunya mudah :

  • Copas yang kami ambil dari FB masing-masing yang sekiranya bisa diberi info tambahan atau ada cerita dibaliknya tolong dilengkapi.
  • Ada kalanya kita akan melempar sebuah isu misal : “gimana sih keadaan winter di daerah masing-masing ? ” nah tinggal ditanggapi deh.. tanggapan kita bakal jadi satu artikel. isu seperti ini bakal dilontarkan di grup FB.
  • Langsung nulis di blog baik blog pribadi / blog kita, caranya kita bahas sedikit di bagian bawah.

Sepertinya gitu aja… kalau ada tambahan nanti diinformasikan lebih lanjut. Pastinya kita masing-masing punya aktifitas tersendiri dan saya sangat setuju bahwa kita harus saling menghargai privasi dan pilihan masing-masing. Let me share our insight, kenapa sih dalam pandangan kami nulis tentang petualangan para power ranger ini penting :

Simple :
” supaya pada suatu saat yang berbahagia di masa yang akan datang saya bisa berkata pada anak/cucu, dan murid murid  that i did something and i never quit

bahasanya mungkin kayak gini :

  • ” Hey cu… ini lho dulu kakek  pas di jepang, dulu kakek juga punya banyak tantangan tapi kakek terus berusaha. ” Yang ini foto pas kakek berangkat, kakek dulu nggak ngerti bahasa jepang sedikit pun… coba deh kamu bayangin ada di daerah yang semua orangnya ngomong bahasa yang kamu nggak ngerti dan semua tulisannya ga bisa kamu baca. Pada akhirnya bisa lancar bahasa jepangnya… ayo, kamu juga pasti  bisa. Tantangan ada untuk kita pecahkan,.. semangat ya “
  • ” Hafizhan anakku, lihat deh foto ini. Ini foto waktu waktu panda (saya di panggilnya panda)  di jepang 1,5 tahun.  Dan kamu harus tau nak, bahwa Ibumu membesarkan kamu 1,5 tahun sendirian dan waktu itu umurmu baru 1 tahun. Ibumu hebat, hebat banget,…  “
  • Hafizhan anakku,.. sini nak lihat nih foto panda pas di kampus Tottori. lihat kan tuh.. roknya pendek-pendek banget kan !  Panda pengen tau nih, apa sih pendapat hafizhan lihat fenomena ini  ?

yah.. kira-kira gitu deh, selain bahwa kita membuka jalan bagi guru-guru inspiring berikutnya supaya lebih maksimal mempersiapkan diri.

sekali lagi, “mohon dibantu ya….”

HOW TO BECOME EDITOR / AUTHOR

  1. Kalau yang bukan wordpress user, pertama harus punya username di wordpress.com, caranya klik [disini] , ikuti prosedurnya. pada dasarnya kita diminta untuk buat blog. misalkan ashari.wordpress.com dimana kita bisa nge-blog sepuasnya di blog itu. Langkah bagus buat mulai jadi blogger🙂
  2. Kasih tau di grup user namenya, nanti diinvite untuk jadi editor / author di blog ini
  3.  Thats it langsung bisa nulis dan bantu ngedit post-post disini, happy blogging !

Belum biasa ngeblog ? atau  fitur-fiturnya belum kebayang ? tenang … hiragana katakana aja kita bisa… yang gini mah cingcai atuh ! eksperimen aja di blog pribadi (yang dibuat pertama), kalau ada yang perlu ditanyakan post via grup fb, insyaallah dibantuin. Nah, setelah punya blog pribadi yang bisa di ubah dan diatur sesuai keinginan, its your playing ground, its your canvas of expression,…  Blog pribadi bisa kita maksimalkan,  bisa kita sulap jadi blog buat mata pelajaran, blog resep, apapun deh termasuk yang paling penting yaitu tempat menuangkan idealisme yang mungkin belum  terfasilitasi di blog bersama kita ini. Dan kerennya,.. kita bisa buat banyak blog !  semangat ya !

Mohamad Ashari, TT 2012

Mau tau alasan yang lebh “technical” kenapa kita perlu nlis di blog bersama ini ?
>>> klik disini

3 comments on “Welcome Inspiring Teachers, Ayo Bareng Jadi Kontributor..

  1. ni_lasha
    October 28, 2012

    saya mau jadi penulis….udah jadi follower,tapi saya nda ngerti,ini kira2 udah jadi penulis beloon??

    • admin
      October 28, 2012

      bentar2, di invite jadi penulis dulu ya.
      5 menit🙂

      • ni_lasha
        October 28, 2012

        okeh pak admin…tp ini udah 5 watt,aku insya allah produktif kok..besok2 bisa nulis, tentunya dengan gaya bahasa yg ringan,berantakan namun tetap membingungkan…pokoknya,untuk acak2in ini blog, i am ready…dozoo….(wkwkwk’)

Comments are closed.

Information

This entry was posted on October 23, 2012 by in Tentang Blog Bersama and tagged , , .
TT 2013 Returning HomeMarch 25th, 2015
Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto... Eh, Lulus!!!
TT 2014 Returning HomeMarch 30th, 2016
We will always cherish the lesson you have thought us

Kategori Artikel

Arsip

%d bloggers like this: